Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christine Hakim di Luar Skenario

Kompas.com - 27/10/2016, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kepiawaian akting aktris Christine Hakim (59) tak diragukan lagi. Kali ini, di film terbarunya, Ibu Maafkan Aku, ia berperan sebagai Hartini.

Banyak hal yang ia peroleh dalam proses produksi film itu, termasuk mengingatkan dirinya untuk memahami sang ibu.

"Pertama kali membaca naskah cerita, saya menangis. Padahal, biasanya (saya) tidak gampang menangis. Saat ini, saya tinggal dengan ibu yang berumur 81 tahun. Saya sering bersikap keras. Padahal, sebagai anak seharusnya saya memahami dan harus lebih sabar," kata Christine dalam jumpa pers trailer film Ibu Maafkan Aku, Selasa (25/10/2016), di Jakarta.

Untuk aktingnya sebagai seorang ibu yang menghidupi ketiga anaknya dengan menjadi tukang batu ini, Christine dinominasikan sebagai Pemeran Wanita Utama Terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2016.

FFI bakal digelar 6 November mendatang, sedangkan filmnya akan diputar di bioskop pada 10 November, bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Salah satu peristiwa menarik ketika shooting di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta, terjadi saat muncul dialog di luar skenario.

Spontanitas itu keluar begitu saja karena Christine memainkan perannya dengan penuh penghayatan.

"Adegannya pendek, dalam naskah hanya seperempat halaman. Adegan saat saya habis melayat tetangga yang kehilangan suaminya. Tapi, entah kenapa, dialog saya yang sudah selesai enggak di-cut. Jadi, saya ngomong terus, apa yang ada di kepala saya mengalir keluar, jadi seperti curhat," cerita Christine sambil tertawa. (SIE)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 27 Oktober 2016, di halaman 32 dengan judul "Di Luar Skenario".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com