Reza Rahadian Ingin Produser Indonesia Bikin Film Horor yang Berbeda - Kompas.com

Reza Rahadian Ingin Produser Indonesia Bikin Film Horor yang Berbeda

Tri Susanto Setiawan
Kompas.com - 14/09/2017, 12:08 WIB
Pemeran Film Gerbang Neraka Julie Estelle (kiri), Reza Rahadian (tengah) dan Dwi Sasono (kanan) berfoto bersama saat menghadiri peluncuran film Gerbang Neraka di Jakarta, Rabu (13/9/2017). Film Gerbang Neraka merupakan film dengan genre horor arahan Sutradara Rizal Mantovani yang mengambil latar belakang situs Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat dan akan dirilis secara serentak di seluruh bioskop pada 20 September mendatang. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Pemeran Film Gerbang Neraka Julie Estelle (kiri), Reza Rahadian (tengah) dan Dwi Sasono (kanan) berfoto bersama saat menghadiri peluncuran film Gerbang Neraka di Jakarta, Rabu (13/9/2017). Film Gerbang Neraka merupakan film dengan genre horor arahan Sutradara Rizal Mantovani yang mengambil latar belakang situs Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat dan akan dirilis secara serentak di seluruh bioskop pada 20 September mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesan mistis dan berbau klenik kerap ditonjolkan secara murni dalam beberapa film bergenre horor yang diproduksi di Indonesia, tanpa sentuhan warna yang segar.

Lewat film Gerbang Neraka, artis peran Reza Rahadian berharap semakin banyak produser di Indonesia berani keluar jalur alias membuat film berbeda dari biasanya.

Sebab film arahan sutradara Rizal Mantovani itu tidak hanya menyuguhkan genre horor semata, melainkan dibalut dengan sentuhan fantasi yang didukung teknologi green screen.

"Kalau film ini (Gerbang Neraka) angkanya bagus (jumlah penonton). Pasti itu akan men-trigger produser untuk berani membuat film-film horor dengan motif yang berbeda lagi. Atau, film adventure fantasy yang berbeda," ujar dia ketika menghadiri pemutaran film Gerbang Neraka di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (13/9/2017).

Reza berpendapat jumlah penonton dijadikan tolak ukur merupakan hal wajar. Tanpa jumlah itu, kata Reza, insan film bisa langsung mengetahui sukses tidaknya film baru tersebut.

[Baca juga: Reza Rahadian Memecut Diri Sendiri]

"Tapi kalau ini tidak berhasil di pasaran secara angka, aku rasa kayaknya enggak akan memberikan banyak pengaruh untuk perubahan iklim film dengan genre-genre seperti ini," ujar dia.

Di luar pertimbangan itu, Reza berharap bahwa genre-genre fantasi bisa terus dikembangkan dan diperbanyak lagi di Indonesia.

[Baca juga: Dwi Sasono Alami Hal Aneh Sebelum Ditawari Main Film Gerbang Neraka

"Sangat berharap bahwa kita enggak sekadar membuat film horor saja, tapi betul-betul dipikirkan apa sih yang bisa orang dapat setelah nonton film ini," kata dia.

"Kalau lihat film kan saya paling senang kalau setelah nonton bisa jadi bahan diskusi. Lepas dari setuju atau enggak setuju, ya apa pun yang disajikan di film bisa menjadi sebuah materi dialog yang baik," sambung dia.

PenulisTri Susanto Setiawan
EditorKistyarini
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM