Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andika Mahesa: Semenjak Ada Kasus Ini, Kangen Band Jalan Sendiri

Kompas.com - 23/10/2017, 20:03 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis


DEPOK, KOMPAS.com - Vokalis Kangen Band, Andika Mahesa mengatakan bahwa grup musik yang ia huni kini tampil sebagai band indie. Hal itu terjadi semenjak mereka berurusan dengan kasus dugaan penipuan yang dilakukan label musik TA Pro.

"Semenjak ada kasus ini kami berjalan sendiri (tanpa label musik). Ya saya cuek saja, saya manggung-manggung aja, orang saya enggak ada kontrak kok," kata Andika usai melakukan pemeriksaan di kantor Kepolisian Resor Kota Depok, Jawa Barat, Senin (32/10/2017).

Andika mengatakan, Kangen Band tidak dikontrak meski terikat sebagai artis yang ditangani TA Pro. Karena hal itu pula ia dan rekan-rekan segrupnya merasa dirugikan karena tidak mendapat royalti atas karyanya.

Baca juga : Tak Ada Kata Damai dari Kangen Band apabila Tak Dibayar Rp 2 Miliar

"Kalau saya mah, ngomong keluar (dari label TA Pro) saya enggak dikontrak, saya ngerasa terikat karena saya penyanyi di situ," ucap Andika.

"Menyanyi di label itu tapi suara saya diperjual belikan, di-publish tanpa royalti ke saya, padahal kami enggak ada kontrak, ko dia berani upload tanpa izin saya," lanjutnya.

Bahkan, lanjut Andika, TA Pro pernah memangkas royalti dari hasil kerja Kangen Band tanpa ada perjanjian kontrak.

"Karena kalau kami menghubungi mereka (TA Pro) juga, ada beberapa job waktu itu, job dari kami tapi mereka motong (royalti). Padahal mereka enggak ada kontrak sama kami," ujarnya.

Baca juga : Andika Kangen Band Jalani Pemeriksaan Kasus Dugaan Penipuan

Andika tidak berani memastikan bagaimana Kangen Band, apakah akan bernaung di label musik lain atau tetap berjalan sebagai grup musik indie.

"Sekarang jalan sendiri. Saya enggak bisa bicara hari ini. Ke depannya lihat nanti saja, mungkin bisa kami bergerak di label sendiri, kami bisa minta modal dari pengacara kami," pungkas Andika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com