Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadri Mohamad: Yockie Suryo Prayogo adalah Bahaduri

Kompas.com - 12/01/2018, 05:27 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah musisi mempersembahkan konser bertajuk Pagelaran Sang Bahaduri untuk musisi legendaris Indonesia, Yockie Suryo Prayogo.

Sang pengagas konser, musisi Kadri Mohamad mengatakan, Bahaduri berasal dari judul lagu yang diciptakan Yockie.

"Bahaduri itu gini, jadi Mas Yockie tuh punya lagu yang dia karang, masuk di dalam albumnya Chrisye 'Sabda Alam' judulnya "Duka Sang Bahaduri"," kata Kadri saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/1/2018).

Kadri menuturkan, bahwa Bahaduri bercerita tentang sosok pahlawan, yakni Bung Karno.

"Bahaduri itu cerita pahlawan sebenarnya. Itu lagu yang karang Mas Yockie sendiri, liriknya tentang Bung Karno," tuturnya.

Dia pun mengibaratkan sosok Yockie sebagai bahaduri atau sosok yang memiliki sifat pahlawan atau gagah berani.  Bahkan Kadri menyebut Yockie sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

"Nah jadi sekarang posisinya dia yang jadi bahadurinya nih, dia sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, dianggap senior. Jadi kami perlu menyampaikan rasa solidaritas kami nih," ujar Kadri.

Melihat perjalanan Yockie selama berkarier, Kadri merasa Yockie pantas untuk mendapatkan penghargaan di tengah kondisinya saat ini.

"Mas Yockie itu kan kiprahnya di musik cukup panjang. Dari zaman God Bless dulu tahun 70-an, terus dia juga dia di belakangnya Chrisye di tahun 78-80 awal," ucap Kadri.

"Jadi dia banyak banget masterpiece-nya dia. Jadi dia musisi yang memang harus diberi penghargaan," sambungnya.

Baca juga : Kadri Mohamad: Yockie Suryo Prayogo Harus Diberi Penghargaan

Konser Pagelarang Sang Bahaduri akan dilaksanakan pada 24 Januari 2018. Sederet musisi dijadwalkan tampil di konser tersebut.

Mereka adalah  Andy "/rif", Ariyo Wahab, Aning Katamsi, Benny Soebardja, Berlian Hutauruk, Bonita, Che (Cupumanik/Konspirasi), D’Masiv, Debby Nasution, Dhenok Wahyudi, Dira Sugandi, Fadly "PADI", Fariz RM, Nicky Astria, Once, Tika Bisono, Eros Djarot dan masih banyak lagi.

Harga tiket untuk pertunjukan ini terbagi dalam beberapa kelas, yakni berkisar Rp 200.000 hingga Rp 2 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com