Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paman Ungkapkan Penyebab Tyas Mirasih Dituding Menculik Anak

Kompas.com - 16/03/2018, 17:55 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Paman artis peran Tyas Mirasih, Steffi Billianto, membeberkan peristiwa yang menurut ia membuat keponakannya dituding menculik anak perempuan yatim piatu dengan nama berinisial ACB.

Diberitakan sebelumnya, seorang perempuan paruh baya bernama Maryke Harris Pohu mengatakan bahwa Tyas tanpa izin telah membawa cucu perempuannya, ACB, yang berusia lima tahun, sejak November 2017.

"Jadi, gini, kenapa Tyas bisa disebut menculik ACB, karena pada waktu itu ada yang namanya Pak Saleem (orangtua asuh mendiang ibunda ACB, Sisilia). Waktu itu masih dalam masa berkabung," tutur Steffi di kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (16/3/2018).

Baca juga: Kepada KPAI, Tyas Mirasih Nyatakan Tak Pernah Menculik Anak

Sebagai informasi, Sisilia meninggal dunia pada akhir tahun lalu.

Beberapa hari sesudahnya, Steffi mendapat pesan WhatsApp dari Saleem bahwa ACB harus segera diambil dari kediamannya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

"Kalau tidak segera diambil, anak itu akan dikirim ke rumah saya, sedangkan saya belum pernah membicarakan soal anak itu, karena masih dalam masa berkabung," ucap Steffi.

Baca juga: Tyas Mirasih Dituduh Bawa Lari Bocah Yatim Piatu

Namun, karena rumah milik Steffi masih dalam tahap renovasi, ia kemudian meminta tolong kepada Tyas Mirasih untuk menjemput ACB di rumah Saleem.

"'Tolong Tyas kamu jemput dulu. Kamu lebih dekat dari sana (Pondok Indah) dan kamu dekat dengan ACB.' Nah, Tyas ambil ke sana, bawa ke rumah Tyas," ujar Steffi.

"Jadi, tidak ada itu namanya Tyas menculik. Bukti-bukti itu sudah ada dan saya juga sudah memberikan bukti-bukti itu ke pihak KPAI," ujarnya lagi.

Baca juga: KPAI: Tyas Mirasih Tidak Menculik Anak

Tyas Mirasih menimpali bahwa benar ketika itu ia yang menjemput ACB kemudian merawatnya selama tiga minggu. Namun, kemudian ACB tinggal dengan saudara sepupu Tyas yang bernama Selly, karena rumah Selly berdekatan dengan sekolah ACB.

"Sama saya tiga minggu. Bisa dilihat di Insta Story saya, anaknya sehat wal afiat bersama saya dan suami saya di rumah. Tidak ada kekurangan apa pun juga," kata Tyas.

"Sampai sekolah, makan enak, bahagia alhamdulilah. Sekarang lebih bahagia lagi dengan tantenya juga," timpal Raiden Soedjono, suami Tyas.

"Karena sekolahnya dekat, jadi sementara sama Selly dulu, tapi setiap akhir minggu diantar ke rumah saya," ucap Steffi lagi menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com