Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mila Jirin Siapkan "Adam & Hawa" untuk Ramadhan

Kompas.com - 05/05/2018, 15:45 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah tiga tahun lamanya tidak bersentuhan dengan dunia tarik suara, penyanyi Mila Jirin (31) dari Malaysia siap merilis single terbarunya yang berjudul "Adam & Hawa".

Kali ini Mila memilih bekerjasama dengan komposer Indonesia asal Yogyakarta, Sigit Baskara.

Mila menceritakan sedikit perkenalannya dengan sigit yang berawal dari Facebook sekitar empat tahun yang lalu. Saat itu mila selalu mendengarkan salah satu lagu hasil karya Sigit yang berjudul "Fatamorgana", yang dinyanyikan oleh The Q Donna feat Sigit Baskara.

"Saya bertemu Sigit Baskara di Facebook sekitar empat tahun yang lalu dan saya suka mendengar lagu-lagu Islami berjudul 'Fatamorgana'' yang dinyanyikan oleh The Q. Kami telah berkomunikasi selama empat tahun terakhir dan di awal tahun 2018 ini kami baru bisa bekerja sama," ujarnya.

Kolaborasi Mila dan Sigit diwujudkan dalam dua single, lagu "Fatamorgana" versi bahasa Inggris dan lagu "Adam & Hawa". Momen yang tepat bagi keduanya untuk menawarkan musik religi jelang Ramadhan tahun ini.

Baca juga : Opick: Selain Ikon Musik Religi, Saya Ikon Poligami Juga

Aransemen yang digarap Sigit akan terdengar begitu menyentuh kalbu saat suara Mila menyampaikan pesan-pesan "langit" dalam lagu "Fatamorgana".

Kerinduan Mila akan bernyanyi akhirnya terwujud pada 2018 ini, setelah mendapatkan izin dari sang suami, Ahmad Ailis Mohamed Mustapha (39).

"Akhirya saya terbang dengan suami dan anak saya ke Yogyakarta pada awal Maret untuk merekam tiga lagu dan video musik. Saya memilih 'Adam & Hawa' untuk single pertama karena lagunya terlalu menyentuh," katanya.

"Saya melihat sosok Sigit itu memiliki ilmu seni  yang baik dan dia dapat menafsirkan arti dari Al Quran untuk menghasilkan lirik single 'Adam & Hawa'. Bekerja sama dengan Sigit menjadi satu pengalaman yang berbeda, dia memberi saya kebebasan untuk berekspresi saat pengambilan vocal, “ ujarnya yang mengaku melakukan rekaman dari single terbarunya itu di studio milik gitaris Sheila on 7, Eross Candra.

Terasah melalui ajang Akademi Fantasia 5

Debut Mila Jirin sebagai penyanyi terasah dan terseleksi melalui ajang Akademi Fantasia 5. Seleksi dan kompetisi yang ketat di televisi Malaysia menjadi penanda bahwa kemampuan vokalnya memang di atas rata-rata.

Lebih dari itu dia memiliki karakter suara yang khas. Dan, secara keseluruhan, ia memiliki aura seorang bintang.

Bakat di dunia tarik suara telah melambungkan popularitas Mila Jirin di seantero Negeri Jiran, Malaysia.  Ia menjadi figur yang banyak disorot khalayak. Sisi-sisi kehidupannya menjadi ulasan di berbagai media.

Salah satu momentum yang menjadi perhatian publik adalah keputusan Mila untuk berhijab. Hijrah dari penampilan yang seksi ke penampilan yang Islami.

Selepas ajang Akademi Fantasia 5, Mila Jirin tetap menapaki dunia tarik suara. Single dan albumnya mewarnai khazanah musik Malaysia. Album bertitel Persis Mutiara yang terdiri dari delapan lagu menjadi penanda kiprahnya di blantika musik sebagi penyanyi profesional. Melalui hits Persis Mutiara, ia mendapat penghargaan lagu terbaik Anugerah ERA 2007 sebagai lagu pop terbaik.  

Baca juga : Siti Badriah Akan Rilis Lagu Dangdut Religi Jelang Ramadhan Tahun Ini

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com