Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ardina Rasti Jalani Acara Adat Jawa Tujuh Bulan Kehamilannya

Kompas.com - 30/09/2018, 17:21 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Ardina Rasti (32) dan suaminya, pemain sinetron Arie Dwi Andhika (34), menjalani acara adat Jawa untuk tujuh bulan kehamilan Rasti.

Acara siraman itu merupakan tradisi keluarga Rasti dan dilangsungkan dengan tujuan mendoakan keselamatan ibu dan calon bayi yang masih berada dalam kandungan.

"Sebenarnya sih tujuh bulanan ini kami serahkan ke keluarga, karena ini tradisi yang sudah ada pakemnya, kami takut salah juga," tutur Rasti dalam wawancara di tempat acara tersebut  di Pendopo Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (30/9/2018).

Baca juga: Ardina Rasti Terkejut Ketahui Dirinya Hamil Tiga Bulan

Ada sejumlah hal yang harus dilakukan dalam acara adat Jawa itu, antara lain menyampur air dari tujuh mata air untuk digunakan sebagai air siraman; siraman oleh orangtua dan para kerabat yang dituakan; menggelindingkan telur; memecah kelapa; dan "berjualan" rujak dan dawet.

"Kami sih bangga ya dapat kesempatan untuk menjalani prosesi adat ini, karena ya kalau enggak ngalamin kayak gini, enggak pernah tahu. Ternyata, hampir semua orang Jawa kalau sudah tujuh bulanan ngalamin kayak gini," ucap Rasti.

"Banyak banget (prosesinya). Terus, tadi ada kayak mecah cengkir, terus gelindingin telur, katanya kalau gelindingin telur lahirannya cepat," ujar Arie.

Baca juga: Ardina Rasti Sempat Tak Percaya soal Mengidam

Meski banyak hal harus dijalani oleh mereka, Arie Dwi Andhika dan Ardina Rasti mengaku sangat senang.

"Kalau dulu kan, siraman pas mau nikah. Ternyata, pas tujuh bulanan ada siraman juga. Dan, menurut aku, prosesinya lebih panjang dan ribet sih. Cuma, kalau bukan kita, siapa yang ngelestariin," tutur Rasti pula.

Arie Dwi Andhika dengan Ardina Rasti menikah pada 20 Januari 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com