Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kostum Sugar Plum Fairy di The Nutcracker and the Four Realms yang Bikin Melongo 

Kompas.com - 29/10/2018, 11:01 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaun penobatan tokoh utama The Nutcracker and the Four Realms, Clara (Mackenzie Foy), adalah kostum yang sulit. Namun, rupanya itu belum ada apa-apanya dibandingkan gaun Sugar Plum Fairy (Keira Knightley).

Desainer kostum untuk film tersebut, Jenny Beavan, mengatakan bahwa gaun Sugar Plum adalah kostum terbesar yang pernah dibuat.

Timnya membutuhkan lebih dari 100 meter kain. Pembuatan versi pertama gaun tersebut menghabiskan waktu lebih dari 1.000 jam. Rok gaun itu terlalu lebar untuk melewati pintu berukuran normal.

Satu hal lagi, Keira Knightley tak bisa duduk dengan mudah dalam gaun itu dan harus duduk di bangku kecil yang ada di dalam rok.

"Kami menginginkan gaun dengan banyak gerakan, jadi itu terbuat dari lapisan-lapisan lipit kecil, ada 200. Mereka menggunakan sejumlah besar kain untuk membuatnya," Beavan dalam keterangan tertulis dari Disney yang diterima Kompas.com, Senin (29/10/2018).

Sugar Plum, pemimpin Land of Sweets, mengenakan pakaian yang terbuat dari gula yang mengkristal. Bahan aslinya terbuat dari logam organza warna merah mudah, ungu, perak dan emas.

Gaun itu juga memiliki sulaman perak, jalinan perak dan diamanté, ditambah manik-manik merah muda serta mutiara.

"Saya suka warna ungu muda cantik dan ketika mereka dicelupkan ke dalam gula," kata Beavan..

Sementara penata rias dan rambut untuk film itu, Jenny Shircore, menambahkan bahwa rambut Sugar Plum dirancang menyerupai permen benang merah muda.

"Saya memiliki wig yang dibuat menggunakan rambut yak, dicelup ke berbagai warna permen manis dari baby pink dan ungu, kemudian pakaian itu disasak tinggi di atas kepalanya dengan helai pita emas halus mengelilinginya," kata Shircore.

The Nutcracker and the Four Realms merupakan kisah adaptasi dari novel ETA Hoffman berjudul The Nutcracker and the Mouse King (1816). Film yang disutradarai Lasse Hallstrom itu akan tayang pada 2 November 2018 mendatang.

Baca juga: Gaun Penobatan di Film The Nutcracker and the Four Realms Habiskan 351 Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com