Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pidato Boyband BTS di PBB Jadi Bahan Ujian di Empat Negara

Kompas.com - 05/11/2018, 08:52 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Soompi

KOMPAS.com - Kepopuleran serta kata-kata cinta dan semangat dari boyband Bangtan Boya atau BTS terus menjangkau pemuda di seluruh dunia. Bukan cuma lagu-lagu mereka, tetapi juga pidato bersejarah member BTS, RM, dalam Majelis Umum PBB ke-73.

Pidato tersebut tentang “Generasi Tidak Terbatas” dari kampanye bersama UNICEF, di mana BTS mendorong semua orang untuk berani berbicara mewakili diri sendiri tanpa batasan warna kulit atau identitas gender.

Topik itulah yang kemudian menjadi bahan ujian di ruang-ruang kelas di Korea, Amerika Serikat, Singapura, dan Vietnam.

Salah satu contohnya, dalam ujian paruh waktu bahasa Inggris di salah satu sekolah menengah di Korea, siswa diminta membaca pidato RM dan memilih urutan yang benar dari paragraf-pragrafnya.

Baca juga: BTS dan Charlie Puth Akan Berkolaborasi di MGA 2018

Di sekolah menengah lain di Korea, kepala sekolah menulis kutipan dari pidato di papan pengumuman, mengatakan bahwa itu harus ditonton sebelum tes pada hari berikutnya. Ada pula siswa sekolah dasar Korea yang diminta menerjemahkan pidato RM "BTS" itu.

Sementara di Singapura dan Vietnam, beberapa sekolah menengah dan tinggi di sana juga telah mengadopsi pidato itu untuk tes mereka, meminta siswa untuk "berbicara mewakili diri sendiri" dan menjawab pertanyaan tentang pidato tersebut.

Baru-baru ini, BTS merayakan ulang tahun kampanye "Love Myself" dengan UNICEF, berterima kasih kepada ARMY (nama penggemar BTS) karena telah membantu menyebarkan kesadaran akan kampanye tersebut.

"Love Myself" merupakan kampanye yang mempromosikan cinta pada diri sendiri, orang lain, dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

BTS juga secara aktif membantu mendukung kampanye #EndViolence UNICEF dan pada 2 November, UNICEF Korea mengumumkan bahwa dalam satu tahun, dengan bantuan BTS, mereka mengumpulkan lebih dari 1,6 milyar won (sekitar 1,4 juta dolar AS) dalam upaya mereka untuk mengakhiri kekerasan dan menyebarkan hal-hal positif.

Baca juga: UNICEF Ungkap Alasan Undang BTS Pidato di PBB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Soompi

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com