Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candra Darusman: Suara Saya dan Andien Empuk

Kompas.com - 29/11/2018, 20:12 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi jazz Candra Darusman berkolaborasi dengan vokalis Andien Aisyah untuk singel terbaru berjudul "Pengungkapan Hatimu". Gitaris Tohpati juga turut membantu proses rekaman singel tersebut sebagai penata musik.

Chandra juga akan menggandeng Andien sebagai penampil dalam konser tunggal dirinya yang bertajuk "Forever Music Candra Darusman Live in Concert" pada 30 November 2018 esok.

Menurut Candra, prinsip saling menghargai jadi salah satu alasan mengapa ia berkolaborasi dengan pelantun "Moving On" tersebut.

"Kami saling respect. Saya respect sekali sama Tohpati dan Andien karena bakatnya yang luar biasa mereka. Mungkin mereka juga melihat saya karena sudah berpengalaman," ucap Candra saat ditemui dalam peluncuran singel "Pengungkapan Hatimu" di kawasan Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (29/11/2018).

Baca juga: Musisi Jazz Candra Darusman Akan Gelar Konser Tunggal

Selain itu, kata Candra, wawasan yang luas serta selera musik yang sama juga membuat ia merasa semakin cocok untuk berkolaborasi bersama Andien.

"Kami memang mendengarkan musik yang sama tentu ya, dan kita harus memperluas cakrawala, enggak hanya itu-itu saja (bahasannya), dan kebetulan dalam hal ini suara kami berdua itu bisa nyatu," ucap Candra.

Lanjut Candra, perbedaan usia yang terpaut jauh dengan Andien tak menjadi penghalang untuk mereka berkolaborasi.

"Tadi saya jelasin kan ternyata klik aja gitu, dan mungkin anda bisa lihat hasilnya bahwa ini enggak dipaksakan. Kita tuh bikin ini seolah tidak dipaksakan, ngalir aja, blend," ungkap Candra.

Selama proses rekaman, Candra juga mengaku tak menemui kendala berarti, semua dengan mudah dapat diselesaikan dengan baik.

"Enggak ada sama sekali. Pada saat kita sudah setuju lagunya, di situ sudah ada chemistry tinggal bagaimana cari aransemennya, cara nyanyinya," ucap Candra.

"Enaknya, sejuknya cara bernyanyi berdua nih karena vokal yang begitu bagus," sambungnya.

Candra juga memuji kualitas suara yang dimiliki oleh Andien. Ia merasa suara Andien sangat lembut untuk didengar.

"Andien juga enggak sekuat penyanyi rock wanita (suaranya), tapi kalau boleh dibilang, suara saya dan Andien itu empuklah ya untuk bernyanyi, jadi itu sehingga bisa satu frekuensi," ungkap Candra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com