Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Jadi Ibu, Andien Merasa Lebih Kreatif Menggubah Lagu

Kompas.com - 02/04/2019, 09:54 WIB
Andika Aditia,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Andien Aisyah merasa lebih kreatif dalam menggubah lagu setelah menjadi seorang ibu. Andien baru menyadari bahwa selama menjalani tugasnya sebagai ibu, menyampaikan pesan kepada anak lewat sebuah nyanyian ternyata efektif.

"Itu aku rasa terjadi sama ibu-ibu mendadak jadi kreatif bikin lagu. Misalnya lagu 'Balonku' diubah liriknya jadi apa atau 'Cicak-cicak di Dinding' atau nada baru. Semua ibu punya kreativitas tersebut," ucap Andien saat ditemui dalam sebuah diskusi di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2019).

Menurut perempuan berusia 33 ini, menyampaikan pesan lewat sebuah nyanyian mampu menjaga mood, baik untuk pengirim maupun penerima pesan itu sendiri.

"Karena lebih menyenangkan. Kan kalau kita nyanyi juga ada emosi yang tersampaikan, beda sama kalau kita ngomong mungkin ngomongnya tinggi, toh kalau nyanyi kan ada rasa senang, rasa mengayomi," ujar Andien.

Baca juga: Andien Jadikan Musik Alat Komunikasi dengan Anak

"Mereka (anak-anak) kan attach sama musik. Dengan kita berbahasa melalui musik, mudah diterima sama mereka. Banyak metode yang menggunakan musik untuk menyampaikan pesan," kata ibu satu anak ini meneruskan.

Kendati demikian, pelantun "Moving On" ini tak lantas ingin menjadikan anaknya sebagai musisi, mengikuti jejaknya. Ia merasa apa yang dilakukannya hanya sebuah metode dalam mendidik buah hati.

"Mengarahkan jadi musisi enggak. Aku janji enggak mengarahkan, aku meng-embrace apa yang jadi kesukaannya," ucap Andien.

Baca juga: Andien Terinspirasi Bikin Lagu tentang Kondisi Alam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com