Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

C'BOYS Jawab Isu Plagiat Lagu-lagu Boyband K-pop Ternama

Kompas.com - 06/05/2019, 16:13 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Boyband Indonesia, C'BOYS, akhirnya angkat bicara perihal isu menjiplak atau melakukan plagiat terhadap lagu-lagu dari beberapa boyband K-pop ternama.

Singel mereka yang berjudul "oD (Overdosis)" diduga mirip dengan lagu milik NCT 127, Stray Kids, ASTRO, hingga BTS.

"Saat ini, team dan management kami, sedang menindaklanjuti hal ini," tulis pihak C'BOYS melalui akun Instagram resmi mereka @cboys.id, seperti dikutip Kompas.com, Senin (6/5/2019).

Tak banyak yang dijelaskan oleh boyband yang beranggotakan Ryan, Rendy, Oliver, Michael, dan Naufal ini. Mereka hanya meminta maaf atas kontroversi yang terjadi.

"Sekali lagi kami mohon maaf atas semuanya. Kami juga ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. Mohon maaf lahir dan bathin. C'boys & team," tulis C'BOYS.

Bidik layar postingan Instagram Story milik boyband pendatang baru asal Indonesia, CBOYS.Instagram/CBOYS Bidik layar postingan Instagram Story milik boyband pendatang baru asal Indonesia, CBOYS.
Baca juga: Nick Jonas Terlihat di Tengah Puluhan Ribu Penonton Konser BTS di Amerika

Sebelumnya, dalam kolom komentar akun Instagram mereka, seperti dikutip Kompas.com, warganet menyebutkan bahwa intro "oD (Overdosis)" menyalin intro singel "Cherry Bomb" milik NCT 127. Sementara bagian verse atau bridge-nya diduga mirip lagu Stray Kids yang berjudul "My Pace”.

Warganet juga mencurigai chorus dari "oD (Overdosis)" menggunakan instrumental yang sama dengan lagu "All Night" milik ASTRO. Tak cuma itu, lagi C'BOYS tersebut diduga pula memiliki menjiplak "Fake Love" milik BTS untuk bagian outro.

Dalam perincian tentang lagu "oD (Overdosis)", hanya Fadlysams dan Purpleducktape yang diberi kredit. Tidak disebutkan semua lagu yang diduga mereka gunakan.

Baca juga: Boyband Indonesia CBOYS Dituding Jiplak Lagu NCT127 hingga BTS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com