Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andra and The Backbone: Perampingan Instrumen Musik

Kompas.com - 30/07/2013, 15:25 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Andra and The Backbone (AAB) merilis karya terbaru mereka, Victory. Itu merupakan album kelima dari band yang terdiri dari Andra Ramadhan (gitar), Dedy Lisan (vokal), dan Stevie Morley Item (gitar) tersebut.

Dikatakan oleh Andra, lima lagu baru dalam album itu, yaitu "Victory", "Lebih Dari Siapapun", "Hidup Ini", "Hikayat Cinta", dan "Takluk", memiliki karakter musik yang berbeda dengan karakter musik dari lagu-lagu terdahulu.

"Mengemasnya sih sama, proses rekaman sama. Mungkin, yang beda, dari peralatan yang kami pakai, lebih sedikit. Ampli tetap sama, kualitasnya sama. Jadi, distorsi gitar berkurang banget di album ini," jelas Andra dalam wawancara peluncuran album Victory di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2013).

AAB memang sengaja meninggalkan beberapa efek gitar yang biasa digunakan mereka dalam keempat album sebelumnya.

"Ya tergantung kebutuhan lagunya, kalau diisi sound seperti itu enggak akan cocok. Tapi, ini bukan mengurangi kualitas," kata Andra. "Ini kebutuhan aransemen," timpal Stevie.

Hasilnya, musik AAB terasa lebih nge-pop. "Seperti 'Lebih dari Siapapun', lagunya catchy, pop banget. Lagunya bertema tentang orang yang pengin kasih tahu pasangannya bahwa dia mencintai pasangannya lebih dari siapa pun," ujar Andra.

Sementara itu, untuk beberapa lagu lainnya, AAB tetap membuat musik akustik yang sudah jadi tradisi dalam setiap album yang mereka rilis. "Kalau akustik ada beberapa lagu, tapi masih ada drum, walaupun gitarnya gitar akustik, jadi enggak benar-benar unplug," kata Stevie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com