Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2014, 16:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Tahun 2014 adalah tahun politik. Namun, di dunia hiburan, khususnya musik, tahun 2014 adalah tahun Tulus. Capaian penyanyi solo Muhammad Tulus (27) sepanjang 2014 setidaknya bisa menjelaskan.

Lewat Hai Readers's Poll Music Awards (HRPMA) 2014, Tulus memborong tiga kategori, yaitu Best Male, Best Pop, dan Best Album. Capaian ini tidak lepas dari album dan konser Gajah.

Di tengah lesunya penjualan album, hingga November lalu, album Gajah laku terjual 110.000 kopi. Konser Gajah di Jakarta, 2 Desember lalu, misalnya, mampu menjual 5.000 tiket dan permintaan untuknya masih tinggi.

"Yang di Jakarta malah sampai overcapacity," ujar Tulus seperti dikutip Hai.

Menatap 2015, Tulus belum berencana membuat album ketiga setelah Tulus (2013) dan Gajah (2014). Pekan lalu, saat kampanye promosi perangkat elektronik HP di Jakarta, Tulus mengaku masih akan mempromosikan albumnya dengan single-single baru.

"Album baru kemungkinan digarap 2016," katanya.

Untuk albumnya, Tulus masih konsisten berjalan di jalur independen melalui label sendiri. Dengan jalur itu, Tulus merasa bahagia lantaran bisa terlibat hingga ke detail untuk urusan artis selama tampil.

Hal tersebut tidak akan dijumpai jika bergabung dengan label besar karena semua hal diurus dan artis tahunya semua beres. Bagi Tulus, mengurusi hal kecil menimbulkan kebahagiaan tersendiri. (INU/ELD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com