Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggun: Aku Lelet kalau Bikin Album

Kompas.com - 01/06/2015, 18:38 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis musik Anggun C Sasmi (41) segera mengeluarkan album terbarunya pada Oktober 2015 mendatang setelah hampir empat tahun tak rekaman sejak album Echoes dirilis pada 2011. Anggun mengaku dirinya memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan albumnya kali ini.

"Albumnya udah hampir dua tahun belum selesai-selesai. Mungkin karena aku kan orangnya lelet banget kalau bikin album. Pokoknya prosesnya lama. Enggak kayak bikin kue klepon. He-he-he," ungkap dia.

Putri seniman Darto Singo, ini mengatakan bahwa menulis lirik lagu bukan perkara mudah. Terkadang lagu yang sudah selesai ditulisnya, terpaksa ia rombak kembali atau membuat lirik yang baru karena merasa kurang cocok.

"Lagu itu kan sifatnya virtual enggak bisa diliat cuma bisa didengar. Sesuatu yang virtual ini tuh seumur hidup. Jadi aku tuh harus yakin seyakin-yakinnya setiap hari. Jadi aku selalu denger lagu setiap hari, ini melodi bagus kata-katanya harus diganti. Mikir lagi," ucapnya.

Untuk album yang belum dibocorkan judulnya dan sedang dalam proses mixing ini, Anggun berencana akan mengisinya dengan 12 lagu dalam bahasa Perancis. "Aku sudah seneng album Perancis selesai, jadi sekarang tinggal ngurusin album Inggris. Harus rombak ulang ada sekitar enam lagu liriknya harus aku bikin ulang. Ada 12 lagu liriknya aku tulis sendiri. Kalau musik ada kolaborasi sama orang," tutur Anggun.

Sedangkan tentang lagu berbahasa Indonesia di albumnya, perempuan yang berkarier sejak 1986 ini tak ingin menjanjikan apa-apa. "Tergantung. Ya... mungkin, he-he-he. Biasanya satu atau dua lagu Indonesia (selalu ada), aku enggak kepengin diharuskan. Biasanya hasilnya enggak terlalu bagus kalau diharuskan. Karena biasanya ada lagu jadi berisi banget kalau dalam bahasa Inggris tapi kalau di-Indonesia-kan aneh," kata Anggun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com