Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Film Legendaris Indonesia Bertema dan Berlatar Perjuangan

Kompas.com - 10/11/2015, 16:38 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kisah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut dan memertahankan kemerdekaan menarik para insan perfilman Tanah Air untuk menggarap cerita tersebut menjadi film.

Sejak era 1970-an, sederet film dalam negeri bertema perjuangan dan perang kemerdekaan diproduksi.

Berdasarkan berbagai sumber, Kompas.com memilih lima film perjuangan dan kepahlawanan legendaris Indonesia yang pernah dibikin oleh para anak bangsa, yaitu Merdeka atau Mati (Soerabaia 45), Janur Kuning, Cut Nyak Dhien, Bandung Lautan Api, dan Naga Bonar.

1. Merdeka atau Mati (Soerabaia 45)
Film yang disutradarai oleh Imam Tantowi pada 1990 itu mengisahkan perjuangan rakyat Surabaya dalam melawan pasukan sekutu pascakemerdekaan Republik Indonesia.

Pasukan sekutu membawa misi mengembalikan Indonesia kepada Belanda. Peristiwa itu terkenal dengan sebutan Peristiwa 10 November 1945.

Pada awalnya, kedatangan pasukan sekutu diterima oleh rakyat Surabaya, karena bermaksud untuk melucuti senjata dari tentara Jepang, selepas masa penjajahan Jepang.

Namun, pihak Inggris memancing kemarahan rakyat Surabaya setelah menyatakan tak mengakui kemerdekaan Indonesia.

Segala perundingan gagal untuk meredam pertempuran yang tak terelakkan. Para pejuang Surabaya pun angkat senjata melawan pasukan sekutu hingga pimpinan tentara Inggris, yaitu Brigadir Jenderal Mallaby, terbunuh.

Dalam Soerabaia 45, lima bahasa digunakan, yaitu Jepang, Inggris, Jawa, Indonesia, dan Belanda.

Para pemain yang membintanginya tergolong terkenal pada era tersebut, yaitu seperti Nyoman Swadayani, Leo Kristi, dan Usman Efendy.

Sederet penghargaan diraih oleh film tersebut, antara lain Citra FFI 1991 untuk Sutradara; Penghargaan Dewan Juri FFI 1991 untuk Film yang menggambarkan semangat juang Indonesia; dan Unggulan FFI 1991 untuk Film, Cerita, Skenario, Fotografi, Editing, Musik, Suara dan Artistik.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com