Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Lalu Olga Syahputra Pergi untuk Selamanya

Kompas.com - 27/03/2016, 16:59 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setahun lalu, 27 Maret 2015, artis komedi Olga Syahputra meninggal dunia di Mount Elizabeth Hospital, Singapura, karena penyakit meningitis atau radang selaput otak, dalam usia 32 tahun.

Dikabarkan pada April 2014, ada benjolan pada leher Olga. Untuk mengobatinya, Olga memilih apa yang disebut pengobatan alternatif dan ia sempat merasa kondisi kesehatannya lebih baik.

Namun, pada April 2014 Olga mulai dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah RSPI), Jakarta Selatan, karena rupanya kondisi kesehatannya menurun.

Pada 3 Mei 2014 Olga dipindahkan ke Mount Elizabeth Hospital untuk perawatan selanjutnya.

Ketika Olga masih dirawat, dari pihak Olga, baik keluarga maupun manajemen artis yang menaunginya, tak ada yang secara resmi kepada pers dan publik mengatakan penyakit yang diderita oleh Olga.

Selain itu, kalangan terdekat Olga saja yang boleh menjenguk.

Pada 27 Maret 2015, Olga mengembuskan napas terakhir di Mount Elizabeth Hospital. Jenazahnya dimakamkan di TPU Malaka, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, pada 28 Maret 2015.

Edric Tjandra, rekan seprofesi Olga yang bernaung dalam manajemen artis yang sama dengan Olga, menerangkan bahwa Olga meninggal dunia karena penyakit meningitis.

"Yang pasti, kalau penyakit atau apa pun itu, sudah kami kasih tahu dari dulu. Itu adalah meningitis," kata Edric sekaligus mewakili pihak manajemen artis yang menaungi Olga, dalam jumpa pers di rumah duka, Perumahan Kavling DKI, Jalan Kresna Raya, Jakarta Timur, Jumat (27/3/2015) malam.

Sesudah tahlilan hari ketujuh Olga berpulang, pihak keluarga Olga mengadakan jumpa pers di tempat yang sama mengenai kronologi Olga sakit hingga meninggal dunia.

Artis peran Billy Syahputra, adik Olga yang bareng Olga main dalam film Warisan Olga, ketika itu bercerita bahwa awalnya, pada 24 April 2014, di Jakarta Olga mengalami panas dingin.

"Langsung Billy bawa ke rumah sakit. Saat itu, Olga muntah-muntah pukul tiga pagi (03.00 WIB) dan langsung masuk ruang UGD," tutur Billy dalam jumpa pers tersebut.

Seminggu sesudahnya, lanjut Billy, Olga masuk RSPI. Pada 3 Mei 2014, Olga dipindah ke Mount Elizabeth Hospital, di mana ia dirawat hingga berpulang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com