Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Membedakan BTS dengan "Boyband" Korea Lainnya

Kompas.com - 29/06/2017, 09:46 WIB
Sintia Astarina

Penulis

KOMPAS.com – Baru-baru ini, boyband asal Korea Selatan, BTS, masuk ke dalam daftar 25 Orang Paling Berpengaruh di Internet oleh TIME Magazine.

Seperti dilansir Allkpop, sang leader Rap Monter membocorkan hal-hal yang membedakan BTS dengan grup idola atau boyband K-Pop lainnya.

1. Berani bermimpi besar dan mewujudkannya

“Aku tidak bisa berbicara soal artis-artis lainnya, setiap grup memiliki pendekatan yang berbeda-beda. Bagi kami, sangatlah penting untuk bisa terus bekerja keras, menari lebih baik, menulis lagu-lagu yang lebih baik lagi, melakukan tur, dan terus berlatih,” kata Rap Monster.

“Banyak orang yang mengatakan ini, tapi hal itu nyata bagi kami: kami hidup di dalam sebuah mimpi, tujuh orang dari kami, kami mampu menggapai apa yang kami sukai,” sambungnya.

2. Punya lagu yang terkoneksi dengan kehidupan nyata

Mimpi yang dimiliki pun sejalan dengan karya-karya dan kerja keras yang dihasilkan oleh pelantun “Spring Day” tersebut.

“Kami bertahan dengan musik kami. Lirik lagu kami bercerita tentang masalah sesungguhnya yang dihadapi semua manusia, seperti pilihan hidup, depresi, dan harga diri. Dan para penggemar tahu kalau kami ada untuk mereka, dan mereka ada untuk kami,” tambahnya.

3. Punya fanbase yang kuat dan besar

Rap Monster juga berbicara soal cara berkomunikasi dengan jutaan pengikuti di media sosial, hingga membangun fanbase yang begitu besar di dunia maya.

Apalagi, belum lama ini mereka terpilih sebagai Top Social Artist dalam Billboard Music Awards 2017 berkat bantuan penggemar. BTS mampu mnegalahkan Shawn Mendes, Ariana Grande, hingga Justin Bieber.

“Tidak mudah untuk menjalankan sebuah akun media sosial untuk waktu yang lama, tapi kami suka berkomunikasi dengan penggemar setiap saat,” ucap Rap Monster.

4. Menjadikan fans sumber inspirasi

Di sisi lain, BTS mengatakan bahwa para penggemar selalu menjadi sumber inspirasi mereka dalam menghasilkan karya-karyaa.

“Para A.R.M.Y menceritakan pada kami soal perasaan, kesalahan, passion, perjuangan mereka setiap waktu. Penggemar kami memberikan kami inspirasi dan arahan untuk menjadi seorang musisi. Tentu saja, cinta dan dukunan dari mereka membuat kami terus berjalan,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com