Slank Janji Tetap Sajikan Lagu-lagu Kritik Sosial

Kompas.com - 01/11/2013, 15:21 WIB
Slank, yang terdiri dari (dari kiri ke kanan) Ridho, Kaka, Bimbim, Abdee, dan Ivanka, meluncurkan album Nggak Ada Matinya, di Jakarta pada Kamis (31/10/2013). KOMPAS.com/IRFAN MAULLANASlank, yang terdiri dari (dari kiri ke kanan) Ridho, Kaka, Bimbim, Abdee, dan Ivanka, meluncurkan album Nggak Ada Matinya, di Jakarta pada Kamis (31/10/2013).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Band Slank, dengan formasi Kaka (vokal), Abdee (gitar), Ridho (gitar), Ivanka (bas), dan Bimbim (drum), mengumandangkan janji untuk tetap menyajikan lagu-lagu yang bisa menjadi kontrol sosial, seperti dalam album Slank Nggak Ada Matinya, yang baru saja mereka rilis.

Sudah 30 tahun, dengan pergantian lima kepala negara, Slank menyuguhkan lagu-lagu bernapas kritik sosial. Tapi, itu tidak berarti Slank menjadi musuh pemerintah. "Kami enggak anggap musuh. Kami melewati lima kepala negara, berarti kami punya kerjaan untuk mengontrol," kata Kaka dalam konser peluncuran album Slank Nggak Ada Matinya di Teater Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2013).

Kritik sosial disampaikan oleh Slank melalui 11 lagu dalam album Slank Nggak Ada Matinya. Lagu-lagu itu berjudul "Slank Nggak Ada Matinya"; "Woles"; "King Bimbim"; "Ngindonesia"; "Yo Man"; "Jangan ke Jakarta"; "He Yo Les Go"; "Verboden"; "System?"; "Jl. Potlot"; dan "Terakhir".

Single pertamanya, "Slank Nggak Ada Matinya", contohnya, "Ada liriknya, 'Keturunannya Orde Baru enggak beda jauh, gini hari masih ada'. Aku lebih ke ngenyek (hal) itu. Meski pun enggak ada lagi dinastinya, tapi masih aja ada yang seperti itu," papar Kaka.

Untuk album ke-20 itu, Slank kembali memasukkan musik blues. "Kalau didengar satu album, itu pasti ada diselipin lagu blues. Di album ini ada 'Woles', sama 'Verboden'," ujar Abdee.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X