Reza Rahadian: Butuh Komitmen Kuat

Kompas.com - 11/12/2014, 18:30 WIB
Reza Rahadian meraih Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2013 di Semarang, Sabtu (7/12/2013). KOMPAS.com/ICHSAN SUHENDRAReza Rahadian meraih Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2013 di Semarang, Sabtu (7/12/2013).
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Reza Rahadian merupakan salah satu aktor muda berkualitas dalam urusan akting. Naik daun melalui film Perempuan Berkalung Sorban, Reza terus mengasah aktingnya dalam peran-peran berbagai genre film, dari drama, komedi, hingga silat.

"Butuh komitmen kuat untuk bisa menjalani semua itu," tutur Reza.

Beberapa minggu belakangan, ia disibukkan dengan kegiatan mempromosikan film terbarunya Pendekar Tongkat Emas yang akan tayang 18 Desember nanti. Di film produksi Kompas Gramedia itu, Reza berperan sebagai Biru, salah satu dari empat tokoh utama film.

Bagi Reza, Pendekar Tongkat Emas merupakan pencapaian tersendiri baginya. Di film Miles Production milik Mira Lesmana ini, Reza digembleng untuk benar-benar mendalami karakter, bukan hanya dari sisi akting, melainkan juga ilmu bela diri. Selama tujuh bulan, Reza belajar gerakan-gerakan silat. Ia harus bisa mengombinasikan gerakan silat dengan akting selama adegan perkelahian.

"Di film ini, tantangannya adalah berkomitmen selama sembilan bulan. Tujuh bulan untuk belajar silat dan dua bulan syuting di Sumba. Ini tantangan tersendiri buat saya," kata Reza.

Selama itu, ia harus fokus mempersiapkan diri untuk Pendekar Tongkat Emas.

Reza mengakui bahwa proses yang dijalani bersama Miles Production ini bakal menghasilkan produk yang bagus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau saya kejar setoran, dalam sembilan bulan mungkin saya bisa main di tiga film. Namun, saya main bukan sekadar mengejar target berapa produksi saya setahun. Saya memilih main satu film tapi bagus banget daripada main film banyak tapi begitu-begitu saja," tutur Reza.

Keterlibatan Reza dalam film Mira Lesmana ini ia dapatkan setelah mengikuti proses audisi dan casting. Ia tidak ditunjuk begitu saja oleh Mira. Menurut Reza, proses audisi adalah cara paling tepat dalam memilih aktor yang akan memerankan karakter tertentu agar lebih pas.

Reza menjadi lebih matang setelah diarahkan oleh sutradara Ifa Ifansyah. Ia juga sangat terbantu dengan penulisan skenario yang baik. Menurut Reza, energi yang dia peroleh dalam berakting bersumber dari skenario dan alam.

"Alam memberikan energi luar biasa. Setiap bangun tidur pagi, saya buka jendela dan mengucap terima kasih kepada alam. Saya butuh energi dari alam," tuturnya. (Lusiana Indriasari)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.