Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggun C Sasmi: Tak Adil Memuji Joey Alexander tetapi Mencibir Agnez Mo

Kompas.com - 22/02/2016, 11:17 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Penyanyi dan pencipta lagu Anggun C Sasmi (41) menulis opininya tentang go international, pengalamannya masuk industri musik internasional, serta sikap publik Indonesia terhadap mereka yang sudah atau belum berhasil go international.

Dalam tulisan itu, Anggun juga membahas pianis jazz belia, Joey Alexander, yang menjadi nomine pada dua kategori Grammy Awards 2016, serta vokalis Agnes Monica atau Agnez Mo, yang masih berusaha mewujudkan mimpinya untuk diterima publik dunia.

Anggun, yang berasal dari Indonesia, sudah menginternasional setelah merilis album Snow on The Sahara pada 1997. 

Tulisan Anggun yang berjudul "Histeria Go-International" itu dipublikasi melalui situs www.qureta.com pada Minggu (21/2/2016).

Anggun membuka tulisannya itu dengan menggambarkan Grammy Awards 2016, yang menempatkan Joey menjadi nomine Best Improvised Jazz Solo untuk lagunya yang berjudul "Giant Steps" dan Best Jazz Instrumental Album untuk albumnya yang berjudul My Favorite Things.

Anggun mengutarakan, Grammy Awards merupakan ajang pemberian penghargaan terpenting di seluruh dunia menurut pandangan para warga AS yang cenderung berpikir bahwa negara mereka merupakan pusat dunia.

Anggun mengutarakan pula bahwa industri musik AS sangat berpengaruh terhadap industri musik dunia, yang bisa mempengaruhi industri musik banyak negara lain.

Mereka yang ingin berhasil go international, lanjut Anggun, berusaha masuk melalui AS.

Anggun juga menceritakan pengalamannya masuk ke industri musik AS dengan album internasional pertamanya pada 1998.

Ketika itu ia harus mendapat apa yang disebutnya American treatment, dari klip video, kemasan album, dandanan, cara bicara, hingga tim kerja yang berbau Amerika.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com