Mark Sungkar Minta Gatot Brajamusti Undurkan Diri atau Diberhentikan dari PARFI

Kompas.com - 29/08/2016, 17:44 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis senior yang sekaligus anggota Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Mark Sungkar, meminta agar Gatot Brajamusti, diberhentikan sebagai Ketua Umum PARFI periode 2016-2021 jika terbukti bersalah terkait kasus narkoba yang menimpanya.

"Seandainya bersalah, diberhentikan ataupun mengundurkan diri. Artinya kepemimpinan dia tidak ada lagi," kata Mark kepada Kompas.com saat dihubungi, Senin (29/8/2016).

Meskipun demikian, lanjut Mark, Gatot tidak akan kehilangan keanggotaannya sebagai anggota dari PARFI.

"Ini bukan partai politik. Ini organisasi profesi, selama itu tidak menganggu profesinya dan orang itu sudah tobat kenapa tidak? Sangat bisa (tetap anggota). Tapi ini tergantung Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) dan dewan penasihat apakah iya atau tidak, atau hanya dicabut sementara," kata dia.

Sedangkan jika Gatot sudah resmi lengser sebagai ketua umum, kata Mark, DPO dan dewan penasehat tidak perlu melakukan kongres kembali untuk memilih ketua umum baru.

Seharusnya, Mark berpendapat, pesaing Gatot pada kongres ke-15 yang berlangsung di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni Andre Davinci, bisa menggantikan posisinya.

Sebab, menurut Mark, biaya untuk menggelar kongres terlalu memakan biaya besar.

"Sekarang Gatot anggap saja sudah tidak bisa lagi memimpin, ya otomatis Andre yang harus disahkan oleh DPO. Jadi DPO yang punya mandat dan dewan penasehat yang bisa memutuskan. Tidak perlu lagi rapat anggota," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.