Putri Ayudya Belajar Bahasa Muna demi "Mengejar Embun ke Eropa"

Kompas.com - 04/10/2016, 08:00 WIB
Artis peran Putri Ayudya saat diabadikan dalam jumpa pers film Mengejar Embun ke Eropa di Senayan City, Jakarta Selatan, Senin (3/9/2016). KOMPAS.com/Dian Reinis KumampungArtis peran Putri Ayudya saat diabadikan dalam jumpa pers film Mengejar Embun ke Eropa di Senayan City, Jakarta Selatan, Senin (3/9/2016).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam film Mengejar Embun ke Eropa, Putri Ayudya berperan sebagai tokoh Ani, istri dosen Universitas Delapan Penjuru Angin (UDPA) Kendari Prof Dr Ir Puro, yang dimainkan Rizky Hanggono.

"Saya jadi seorang pendamping. Saya banyak belajar dari tokoh ini dan pasti ada hal penting yang ingin disampaikan. Film ini membuat saya menjadi bagian dari budaya Pulau Muna," kata Putri pada jumpa pers di Senayan City, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2016).

Untuk menjalani perannya sebagai warga Pulau Muna, ia belajar langsung dari masyarakat setempat dan para dosen.

"Ada beberapa teman-teman yang di sana sengaja datang. Terus ada beberapa dosen yang datang. Jadi malam-malam kita ngumpul dan saya diceburin sama mereka, ngobrol sama mereka," tutur pemain film Bangkit itu.

Putri mengakui ia tidak memahami yang mereka bicarakan. Namun ia terus mendengarkan dan mengikuti perbincangan sampai akhirnya bisa mengerti sedikit demi sedikit.

"Karena saya tipe orang yang memang harus diceburin langsung biar langsung bisa," ungkapnya lagi.

Ia pun mengaku sempat mengalami kesulitan, karena logat warga Pulau Muna tak sama dengan logat sulawesi yang lain.

"Iya banget, cara ngucapin, cara ayunanannya beda sekali. Di sana ada Suku Tolaki. Saya lebih mempelajari bahasa Muna. Ada bedanya dengan Tolaki, dialeknya beda," jelasnya.

"Teman-teman ini sudah bercampur dengan logat Kendari tipis. Pertama kali saya denger seperti Makassar bukan, bukan logat-logat Sulawesi yang pernah saya dengar sebelumnya," imbuhnya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X