Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenangan Masa Kecil Nova Eliza

Kompas.com - 05/02/2017, 23:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menonton pertunjukan layar tancap membawa ingatan artis film Nova Eliza melayang kembali ke kenangan masa kecilnya waktu masih tinggal di Sigli, Aceh.

Dahulu sang ayah, yang juga mantan Bupati Sigli dua periode (1980-1990), mendiang Nurdin Abdul Rachman, sangat senang menggelar hiburan layar tancap untuk menghibur warganya.

"Dulu Sigli itu kota kecil dan sepi. Enggak ada mal, ya, pastinya. Tapi di sana banyak lapangan bola. Bapakku sering gelar hiburan layar tancap supaya masyarakat bisa nonton ramai-ramai," ujar Nova, Sabtu (4/2), di Jakarta.

Biasanya suasana menonton mirip dengan acara piknik. Bersama bapak, ibu, dan saudara-saudaranya, mereka menggelar tikar lalu duduk menonton sambil mengudap beragam jajanan.

Salah satu jajanan favorit Nova adalah camilan asam khas Aceh, somboy, yang jika dimakan menyisakan warna merah di bibir seolah mengenakan gincu.

Selain film-film komedi klasik trio pelawak Dono, Kasino, dan Indro (DKI), Nova juga mengaku sangat gemar film India. Salah satu artis film India yang paling diingatnya adalah aktor lama, Amitabh Bachchan.

"Kalau habis nonton film India pasti aku dan sepupuku yang seumuran ngikutin gaya nyanyi dan jogetnya. Ngumpet-ngumpet di balik pohon sambil meniru nyanyiannya. Pokoknya kocak habis. Film India itu banyakan nyanyinya daripada ngomongnya," ujar Nova sambil tertawa. (DWA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 5 Februari 2017, di halaman 16 dengan judul "Kenangan Masa Kecil".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com