"Film Kartini Harus Dibawa ke Belanda"

Kompas.com - 29/04/2017, 11:28 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol menginginkan agar film Kartini arahan sutradara Hanung Bramantyo segera diputar di negeri Kincir Angin itu.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang pemain Kartini, aktor asal Belanda Hans de Kraker, dalam akun Instagram-nya @hansdekraker, Jumat (28/4/2017).

"Sempai Duta Besar Belanda, Rob Swartbol bilang: 'Film kartini bagus! Harus bawa ke Belanda, harus tayang di Belanda'," tulis Hans.

Keinginan Swartbol itu ia sampaikan usia menyaksikan film Kartini dengan bintang utama Dian Sastrowardoyo di pesta Raja Belanda, Koning Willem Alexander, Jumat malam.

[Baca juga: Kartini versi Hanung Bramantyo, Tak Melulu soal Emansipasi]

Tak hanya sang duta besar, menurut Hans, orang-orang Belanda yang menontonnya pun melayangkan pujian yang sama.

"Banyak orang Belanda bilang dengan saya: 'Waduh - keren film Kartini, bagus sekali!'. Terus saya tanya: 'Bagaimana dengan bahasa Belanda aktris Indonesia?' Mereka: 'Iya bagus dong! Kagum sekali!'," tulis Hans.

[Baca juga: Buku Pramoedya Ananta Toer Bantu Hanung Pramantyo Hidupkan Kartini]

Kekasih aktris Paramitha Rusady yang juga merupakan pelatih bahasa Belanda untuk film Kartini ini pun mengaku bangga dengan itu. Terutama terhadap Dian Sastro, Acha Septriasa (Roekmini), dan Ayushita (Kardinah).

"Dengan dikit waktu mereka bisa bahasa Belandaa seperti itu. Khusus Dian - 65 dialog bahasa Belanda! Hats off to you Dian! Fantastisch! Kalo bisa kasih air mata dengan penonton orang asli Belanda - itu luar biasa," tulisnya lagi.

[Baca juga: Kartini Tembus Box Office Indonesia]

"Saya mau ucapkan juga terima kasih besar dengan @legacy.pictures, casting director @wickedwidhi, sutradara @hanungbramantyo dan Tuan, untuk undangan saya sebagai pemain dan translation manager/coach bahasa Belanda," tambahnya.

 

Dengan "Het Klaverblad". Tadi malam saya di pesta Raja Belanda, Koning Willem Alexander dan banyak orang Belanda bilang dengan saya: "Waduh - kerrren film Kartini, bagus sekali!" Terus saya tanya:"Bagaimana dengan bahasa belanda aktris Indonesia?" Mereka: "Iya bagus dong! Kagum sekali!" Sempai Duta Besar Belanda, Rob Swartbol bilang: "Film Kartini bagus! Harus bawah ke Belanda, harus tayang di Belanda." Sebagai coach saya bangga sekali dengan murid ketiga ini - Acha, Dian dan Ayu. Dengan dikit waktu mereka bisa bahasa belanda seperti itu. Khusus Dian - 65 dialog bahasa belanda! Hats off to you Dian! Fantastisch! Kalo bisa kasih air mata dengan penonton orang asli belanda - itu luar biasa. Saya mau ucapkan juga terimakasih besar dengan @legacy.pictures, casting director @wickedwidhi , sutradara @hanungbramantyo dan Tuan, untuk undangan saya sebagai pemain dan translation manager/coach bahasa belanda. Saya belum ada waktu sempai nonton - saya akan nonton malam minggu ini. Kalo belum nonton - cari waktu malam minggu ini:-) #filmindonesia #kartinimovie #characterstudy #actor #aktor #colonialmovie #indonesianmovie #actorlife #actorslife #equalrights #womensrights #womensrightsarehumanrights #acteur #attore #holland #diansastro #achaseptriasa #ayushita #banggafilmindonesia #kartini

A post shared by Hans de Kraker (@hansdekraker) on Apr 28, 2017 at 1:31am PDT

Film Kartini ditayangkan secara serentak mulai 19 April 2017 lalu. Dalam 10 hari penayangannya, Kartini sudah mendapatkan 391.168 penonton dan menempatkannya dalam urutan kedelapan Box Office Indonesia pekan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.