"SUCI 7" Lebih Matang

Kompas.com - 14/05/2017, 15:47 WIB
Indro Warkop di Studio Movie One, Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada Senin (17/4/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINAIndro Warkop di Studio Movie One, Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada Senin (17/4/2017).
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Performa finalis " Stand Up Comedy Indonesia Season 7" Kompas TV menunjukkan kematangan signifikan. Para finalis mampu menunjukkan strategi meskipun baru memasuki 10 besar.

Ini seolah menjadi pematah anggapan bahwa acara sejenis " stand up comedy" ini stagnan dan mengalami titik jenuh.

Pada show 9 besar di Balai Sarbini, Kamis (11/5/2017), kematangan itu terlihat jelas. Ini, antara lain, muncul dalam bentuk konsistensi persona setiap finalis.

Baca juga: Stand Up Comedy Indonesia 7 Berbeda dari 6 Musim Sebelumnya

Coki Anwar tetap dengan persona sebagai pria seram atau cool yang pantang tersenyum atau tertawa di panggung.

Didi Sunardi semakin kukuh dengan persona sebagai kuli bangunan, dan Mamad Alkatiri yang menggunakan persona orang Papua.

Kematangan itu bukan saja pada taraf penulisan materi. Saat tampil pun mereka dapat mengantarkan materi itu secara natural, penuh percaya diri, dan bahkan improvisasi sehingga seluruh guyonan itu begitu hidup.

Mereka tidak lagi menghafal, tetapi meresapi setiap bit dalam materi komedinya. Dus, menyaksikan mereka seperti melihat orang bercerita.

Baca juga: Indro Warkop Ingin Semua Komika Bisa Menulis

Jika ditilik dari sesi audisi atau pada show pertama, show 10 besar dan 9 besar menunjukkan perkembangan yang amat maju.

Misalnya, Coki yang di awal show cenderung wadaw (istilah juri SUCI 7, Pandji Pragiwaksono, untuk menyebut guyonan yang tidak lucu), di show 10 besar dan 9 besar mampu tampil lebih menghibur dengan materi komedinya yang kadang absurd itu.

Kemampuan Coki antara lain dalam membangun logika absurd tadi secara bertumpuk. Simaklah ketika dia bercerita tentang film.

Dia pernah menonton film drama Korea, yang sepanjang film dia menangis termehek-mehek.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X