Kompas TV dan TV One, Metamorfosis Televisi

Kompas.com - 28/05/2017, 21:00 WIB
Kepala Polri, Jenderal Tito Karnavian, berbicara dalam acara #KapolriDiRosi di Kompas TV, Jumat (26/5/2017) malam. KOMPAS.com/WISNU NUGROHOKepala Polri, Jenderal Tito Karnavian, berbicara dalam acara #KapolriDiRosi di Kompas TV, Jumat (26/5/2017) malam.
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Remote televisi bisa jadi sumber cekcok di rumah. Bagaimana tidak, biasanya si bapak ingin menonton berita, sementara si ibu penasaran dengan kelanjutan serial di stasiun televisi lainnya.

Mungkin begitulah gambaran riil perdebatan antara televisi yang dominan menayangkan berita dan program hiburan.

Jika Anda menyetel acara televisi di TV One antara pukul 21.30 dan 23.30, rentetan serial Turki akan tertayang. Pada waktu yang sama, berbagai berita tersaji di Kompas TV.

Jumat (26/5/2017), misalnya, ditayangkan serial Winter Sun episode 35 tentang anak lelaki bernama Efe yang menjadi saksi saat ayah kandungnya dibunuh rekan kerja ayahnya.

Di Kompas TV, acara Rosi bertema "Melawan Terorisme" tentang bom di Kampung Melayu, Jakarta, beberapa hari lalu ditayangkan secara langsung.

Baca juga: Duka Para Pesohor untuk Korban Ledakan Bom Kampung Melayu

Dua tahun lalu, acara Rosi belum hadir di layar televisi. Sementara serial Turki di TV One bahkan baru mulai tersaji tahun ini.

Apakah pada waktu bersamaan masyarakat ingin tahu banyak peristiwa atau justru butuh hiburan di tengah banjir informasi?

Kompas TV pada 28 Januari 2016 untuk kali pertama meneguhkan posisinya sebagai televisi berita setelah lima tahun berkiprah di dunia penyiaran.

Program yang ditawarkan antara lain Kompas Pagi, Kompas Petang, Kompas Malam, Berkas Kompas, Aiman, dan Satu Meja. Biasanya perempuan pembawa berita tampil modis dan cantik.

Sebenarnya wajah Kompas TV sudah mulai berubah pada 2015. Setahun sebelumnya, wacana televisi berita sudah mencuat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X