Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Lampu Hijau" dari DPR RI untuk RUU Permusikan

Kompas.com - 14/06/2017, 22:19 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan semakin mendapat lampu hijau untuk segera menjadi pembahasan di DPR RI. Ini dibuktikan oleh antusiasme para anggota dewan mendukung RUU tersebut.

Anang Hermansyah, musisi sekaligus anggota Komisi X yang membidangi kesenian, mengaku berhasil mengumpulkan puluhan tanda tangan dari anggota Badan Legislasi (Baleg) sebagai dukungan.

"Tadi saya meminta tanda tangan anggota Baleg untuk mendukung menjadi usulan DPR, semua hampir setuju. Saya sudah mendapat 20 lebih tanda tangan padahal cukup lima," ucap Anang dalam wawancara di ruang kerjanya di komplek DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2017).

"Sampai ada yang minta ditahan dulu jangan diserahkan dulu ke pimpinan, karena masih banyak yang mau ikut. Aku terima kasih ke mbak Rieke Dyah Pitaloka yang juga getol memperjuangkan ini," tambahnya.

[Baca juga: DPR RI Janji Perjuangkan RUU Permusikan Masuk Prolegnas 2017]

 

Anang mengaku bangga karena semua unsur seni di DPR mendukung agar RUU itu bisa masuk ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2017 agar segera dibahas.

"Jadi mudah-mudahan supaya bisa masuk ke longlist, kalau misalkan masuk Prolegnas lima tahunan, abis itu Prolegnas tahunan dan bisa masuk ke prioritas di 2017. Mudah-mudahan seperti itu, karena slotnya ada dari pandangan pimpinan dan ketua komisi X," kata Anang.

Jika ia bisa mendapatkan tanda tangan dari hampir seluruh anggota Komisi X dan Baleg, maka Anang berharap panitia kerja (panja) untuk RUU Permusikan bisa segera terbentuk.

"Memang teman-teman kemarin menyarankan ini dijadikan Panja. Aku tinggal menunggu guliran nanti, ya mungkin bisa terjadi. Aku mungkin bisa segera bertemu pimpinan karena Komisi X di bawahnya Fachri Hamzah dan Baleg di bawahnya Fadli Zon," kata Anang.

Sejauh ini, lanjutnya, para pimpinan DPR RI sudah menyatakan dukungannya terhadap RUU Permusikan agar bisa segera menjadi undang-undang.

"Aku udah dua kali bertemu (dua pimpinan DPR RI). Alhamdulillah dua-duanya sangat mendukung ini bisa goal. Itu hal menggembirakan juga," ucap Anang.

[Baca juga: Ashanty Dukung RUU Permusikan demi Anak-anaknya]

 

Sebelumnya, puluhan musisi Tanah Air yang tergabung dalam Kami Musik Indonesia (KMI) melakukan audiensi RUU Permusikan ke Komisis X dan Baleg di gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017).

Pertemuan ini dihadiri oleh sejumlah insan musik lintas generasi, ada Glenn Fredly, Igor 'Saykoji', Yura Yunita, Young Lex, Dewa Budjana, Tompi, Ashanty, Ian Antono, Dony Fattah, hingga Bob Tutupoli.

Aspirasi para pelaku musik ini kemudian disambut baik oleh Baleg dan Komisi X yang berjanji perjuangkan RUU Permusikan.

[Baca juga: Glenn Fredly Berharap Musik Indonesia Bisa Maju lewat RUU Permusikan]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com