DPR RI Janji Perjuangkan RUU Permusikan Masuk Prolegnas 2017

Kompas.com - 08/06/2017, 08:25 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Badan Legislasi (Baleg) DPR RI berjanji akan memperjuangkan rancangan undang-undang (RUU) Permusikan agar bisa masuk ke dalam program legislasi nasional (Prolegnas) 2017.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas usai audiensi puluhan musisi Tanah Air yang tergabung dalam Kami Musik Indonesia (KMI) di gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017).

"Tadi semua fraksi menyatakan kesiapannya menjadi inisiator untuk RUU ini untuk masuk Prolegnas 2017. Saya simpulkan seluruh fraksi menerima usulan ini," katanya.

"Jika pembahasan lancar, pada 2018, kita sudah punya UU yang memayungi musik Indonesia. Ini kan menata supaya ekosistem permusikan di Indonesia kondusif. UU nanti akan menjawab kegalauan pemusik, kreator," tambah Supratman.

[Baca juga: Ridho Slank Ingin Ada Status Pekerjaan Musisi di KTP]

 

Sementara, saat audiensi dilanjutkan ke Komisi X yang membidangi kesenian, pimpinan Komisi X Teuku Riefky Harsya mengatakan bahwa akan mengkaji dulu usulan tentang RUU Permusikan itu.

"Komisi X DPR RI akan mengkaji usulan terbentuknya Undang-Undang tentang Permusikan dan akan memperjuangkan aspirasi Kami Musik Indonesia dan Insan Musik Indonesia untuk mendukung ekosistem dan perkembangan pemajuan musik Indonesia," kata Riefky.

Anggota Komisi X yang juga musisi Anang Hermansyah menambahkan, bahwa kesimpulannya adalah DPR RI menyambut baik aspirasi para pelaku industri musik tersebut.

"Hampir fraksi semua menyetujui agar ini bisa dilakukan dengan cepat. 10 fraksi di Baleg mendukung buat RUU Permusikan ini segera bisa dimasukkan ke Prolegnas 2017-2018," ucapnya usai audiensi.

[Baca juga: Glenn Fredly Berharap Musik Indonesia Bisa Maju lewat RUU Permusikan]

 

Ia mengatakan, industri musik Tanah Air memerlukan payung hukum yang jelas agar ekosistemnya berjalan dengan baik.

Mulai dari royalti, pajak, penindakan pembajakan, hingga tunjangan masa tua untuk pelaku musik perlu ada aturannya.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.