Kisah Asmara Chairil Anwar dalam Teater Perempuan-perempuan Chairil

Kompas.com - 19/08/2017, 17:18 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pementasan Teater Perempuan-Perempuan Chairil akan digelar pada 11&12 November 2017 mendatang di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Agus Noor, sang sutradara menuturkan, pementasan yang diprakarsai oleh Titimangsa Foundation milik Happy Salma itu akan menceritakan kisah asmara Chairil dengan empat perempuan yang hadir dalam kehidupannya.

Hal itu ia ungkapkan saat jumpa pers dan syukuran jelang proses Pementasan Teater Perempuan-Perempuan Chairil, di Dia.Lo.Gue Kafe, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (19/8/2017).

"Chairil Anwar penyair besar, ia menulis bahasa Indonesia dengan bagus saat kosakata masih sedikit, tapi orang lupa bahwa ia seorang don juan, anak gaul Menteng. Inilah poin yang kemudian diangkat, yang menarik adalah kisah cinta Chairil, perempuan-perempuan Chairil," kata Agus.

Empat perempuan tersebut dijelaskan Agus mewakili empat tipologi cinta sang penyair yang akan disuguhkan oleh para pelakon seperti, Reza Rahadian, Sita Nursanti, Chelsea Islan, Marsha Timothy, dan Tara Basro.

[Baca juga: Happy Salma Akan Pentaskan Karya Chairil Anwar]

 

Pertama ada tipologi cinta dari Chairil yang luluh oleh perempuan cerdas dan mandiri pada masa itu, yang ditemukan Chairil pada Ida Nasution.

"Ida Nasution (diperankan Marsha Timothy) ialah perempuan yang cerdas pada jamannya, mengausai bahasa Prancis, Inggris, Belanda. Tipologinya Chairil menyukai perempuan yang cerdas," ucap Agus menjelaskan.

"Perempuan cerdas yang sangat memengaruhi Chairil. Sinis banget sama Chairil, 'Chairil kau hanyalah penyair pernapas pendek' kata Ida," sambungnya.

[Baca juga: Pementasan Teater Perempuan-Perempuan Chairil Bakal Digelar November]

 

Lalu tipologi cinta yang romantis, dimana Chairil pun takluk pada kecantikan perempuan, yang pada akhirnya membuat ia patah hati.

"Sri Ajati (diperankan Chelsea Islan) perempuan pada jaman itu, yang kalau ada laki-laki tidak jatuh cinta berarti lelaki itu bodoh. Sangat cantik namun bertepuk sebelah tangan. Chairil menulis begitu patah hati, cinta yang romantik, cinta yang platonis," kata Agus.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.