Ringgo 5 Luncurkan Album Berbahasa Inggris

Kompas.com - 26/09/2017, 10:51 WIB
(Kiri ke kanan) Gege, Robeth, Nabil, Rishad, Rhein, personel Ringgo 5 saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Barat, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2017). Kompas.com/Ira Gita(Kiri ke kanan) Gege, Robeth, Nabil, Rishad, Rhein, personel Ringgo 5 saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Barat, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2017).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Band Ringgo 5 akan merilis album perdananya, Emotion. Ke-13 lagu dalam album itu ditulis dalam bahasa Inggris.

"Di album ini ada 13 lagu, dan menariknya kami cukup berani dengan merilis full bahasa Inggris," kata bassist Robert di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Barat, Jakarta Barat, Senin (25/9/2017).

Band Ringgo 5 digawangi oleh Nabil Pawaka (vokal), Rhein Michael (gitar), Rishad Marciano (gitar), Robert Matthew (bass), dan Gege Aditya (drum).

Gitaris Rhein menambahkan, mereka menulis lagu dalam bahasa Inggris karena ingin menembus pasar musik internasional.

"Karena emang salah satu goals kami pengin go internasional. Biar bisa ke situ kami harus ngeluarin lagu yang lebih universal," kata Rhein.

Tak hanya itu, penggarapan album mereka juga melewati proses mixing dan mastering di Amerika.

"Terus kami juga sempet debat mau mixing mastering di mana. Akhirnya mastering di luar juga, di Ted Jensen," ungkap Nabil.

Menurut Nabil, Jensen pernah menggarap karya band-band seperti 5 Second of Summer dan Greenday.

Adapun "Emotion" merupakan pencampuran musik dari setiap personelnya, yang disatukan menjadi genre musik pop rock.

"Di album ini kami banyak campuran ide genre masing-masing, ada yang rock banget, ada yang pop banget, ada rock akustik juga jadi ini campuran tapi emang satu genre witchis pop rock," ujar Robert.

[Baca juga: Band Ringgo 5: Media Sosial Membantu Band Indie ]

"Makanya akhirnya nama albumnya Emotion karena berasal dari emosi kami," sambung Nabil.

Menurut Robert, album Emotion menyuguhkan lagu-lagu yang mereka ciptakan berdasarkan pengalaman masing-masing.

[Baca juga: Dengan Pop Rock, Band Ringgo 5 Ramaikan Musik Indonesia ]

 

"Rata-rata mewakili kisah hidup kami masing-masing, jadi based on true stories. Album ini kan kami buat sendiri semua, lagunya itu kami yang bikin, aransemennya kami juga, kayak independen juga sih," ucap Robert. 



Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X