Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Selidiki 50 Kasus Kejahatan Seksual di Hollywood

Kompas.com - 20/11/2017, 08:54 WIB

KOMPAS.com - Kepolisian Los Angeles, AS, sedang menyelidiki setidaknya 22 kasus kejahatan seksual yang melibatkan Hollywood, ABC News melaporkan Minggu (19/11/2017).

Seorang pejabat tinggi LAPD yang dikutip ABC News mengatakan, pihaknya menerima 28 laporan kasus serupa yang terjadi di luar wilayah hukum LAPD dan menyerahkannya ke kepolisian yang tepat.

Sebelumnya ABC News melaporkan bahwa kepolisian Beverly Hills dan LAPD menyelidiki kasus kekerasan seksual yang diduga dilakukan produser ternama Hollywood, Harvey Weinstein.

Tuduhan kejahatan seksual terhadap Weinstein awalnya terungkap dari liputan khusus oleh The New York Times dan majalah The New Yorker pada Oktober lalu.

Weinstein dituding memaksa para artis melakukan tindakan tidak pantas hingga memperkosa mereka.

Beberapa artis yang mengaku menjadi korban Weinstein adalah Rose McGowan, Ashley Judd, Gwyneth Paltrow, Angelina Jolie, dan Asia Argento.

Berita menggemparkan tersebut langsung memancing banyak pihak mengungkap pelecehan seksual yang mereka alami di Hollywood, baik oleh Weinstein maupun aktor dan sutradara ternama.

Weinstein sendiri kemudian dipecat dari perusahaan film yang didirikannya bersama adiknya. Ia juga dikeluarkan dari organisasi perfilman.

Meskipun kepolisian LA dan New York menyelidiki laporan-laporan terhadap Weinstein, produser yang melahirkan banyak film berkaliber Oscar itu belum dikenai status hukum apa pun.

Pesohor Hollywood lain yang menghadapi tuduhan pelecehan seksual adalah aktor Kevin Spacey dan sutradara James Toback.

[Baca juga : Lagi, Aktris Hollywood Ungkapkan Pelecehan Seksual yang Dialaminya]

Kasus Spacey sedang diselidiki di London, sedangkan kepolisian Beverly Hills menangani laporan terhadap Toback.

Sejak kasus Weinstein terungkap, banyak aktris menjadi terbuka. Mereka mengungkap banyak orang terkenal di industri perfilman AS itu berlaku tidak pantas terhadap kaum perempuan.

Orang-orang kondang yang dituding itu antara lain Ben Affleck, Jeffrey Tambor, Ed Westwick, produser Brett Ratner, Steven Seagal, dan produser musik Russell Simmons.

[Baca juga : Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Kevin Spacey Meminta Maaf]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com