BTS Tidak Akan Bikin Lagu Berbahasa Inggris - Kompas.com

BTS Tidak Akan Bikin Lagu Berbahasa Inggris

Kompas.com - 11/12/2017, 19:16 WIB
Boyband BTS berpose di American Music Awards 2017 yang digelar di Los Angeles, California, pada 19 November 2017.AFP PHOTO / Valerie Macon Boyband BTS berpose di American Music Awards 2017 yang digelar di Los Angeles, California, pada 19 November 2017.

KOMPAS.com - Grup idola asal Korea Selatan, BTS, tidak akan merekam lagu berbahasa Inggris meskipun sudah berhasil menembus pasar musik Amerika dan Eropa.

Hal itu dikatakan Bang Si Hyuk, CEO Big Hit Entertainment yang menaungi band bernama lengkap Bangtan Sonyeondan, dalam konferensi pers konser 2017 Live Trilogy Episode III The Wings Tour The Final di Gocheok Skydome, Seoul, Minggu (10/12/2017).

"Penampilan BTS di Billboard Music Awards dan American Music Awards tidak akan hanya sekali. Namun kami tidak berencana membuat rekaman lagu dalam bahasa Inggris," kata Bang Si Hyuk.

Bang Si Hyuk mengatakan meskipun berhasil meraih pasar internasional, BTS tetap akan mempertahankan nilai-nilai K-pop.

"Mengajarkan bahasa Inggris kepada artis kami, mengikat kontrak dengan label Amerika dan disukai publik AS, itu bukan lagi K-pop," lanjut dia.

"Jadi BTS akan tetap melakukan yang mereka lakukan selama ini, yakni bercerita tentang mereka dalam bahasa Korea dan bermusik hip hop," kata Bang Si Hyuk.

Sebalumnya, leader BTS, RM, mengaku tidak menyangka BTS bisa meraih sukses seperti sekarang ini. Ia berjanji akan menjaga identitas musik BTS dan tidak terbuai oleh gegap gempita kesuksesan ini.

"Langkah kami berikutnya adalah tetap tenang dan melahirkan ide-ide baru serta tetap berkomunikasi dengan agensi kami seperti biasanya," kata RM.

Sepanjang tahun 2017, BTS terus mencetak prestasi baik di Korea maupun internasional. Bulan Mei lalu mereka meraih penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Awards.

Pada awal November, BTS mencetak sejarah dengan tampil di sebuah ajang penghargaan musik bergengsi American Music Awards 2017.  Ini untuk kali pertama grup K-pop tampil di acara yang disiarkan secara live di televisi nasional AS.

Selama sekitar sepekan, BTS mendominasi pemberitaan soal musik di negara itu. Mereka juga menjadi bintang tamu acara talkshow kondang seperti Jimmy Kimmel Live, The Ellen Show, serta Late Late Night with James Corden.

Di acara Jimmy Kimmel Live, BTS bahkan mendapat kesempatan menggelar konser mini yang dibanjiri para ARMY, julukan buat fans BTS.

Sementara itu, dua lagu dari album terbaru mereka, Love Yourself: Her, berhasil menembus tanggal lagu Billboard 200.

Tembang bertajuk "DNA" menduduki peringkat 7 Billboard 200. Lalu lainnya, " MIC Drop" yang merupakan hasil kolaborasi dengan DJ Steve Aoki langsung melesat di posisi 28 tangga lagu Hot 100 dan serta tangga-tangga lagu di beberapa negara Eropa.

BTS merupakan kependekan dari istilah Korea, Bangtan Sonyeondan yang berarti Bulletproof Boy Scouts.

Baca juga : Gaya BTS di Karpet Merah American Music Awards 2017

Big Hit Entertainment menggelar audisi pada 2010 dan 2011 untuk membentuk BTS. Dengan formasi tetap yang terdiri dari Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook, BTS akhirnya melakukan debut pada  2013.

Sejak itu BTS sudah melahirkan lagu-lagu hits seperti "Save Me", "Fire", "Dope", "Danger", "No More Dream", dan "War on Hormone".

Beberapa waktu lalu, BTS bersama UNICEF terlibat dalam kampanye antikekerasan secara global.

Baca juga : Ketika BTS Bicara tentang Cinta


EditorKistyarini
Komentar
Close Ads X