Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal Menarik tentang Rich Brian

Kompas.com - 05/02/2018, 09:23 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis musik hip hop dari Indonesia Rich Brian (18)--sebelumnya dikenal dengan nama panggung Rich Chigga--baru saja mengeluarkan album perdananya.

Album bertajuk Amen, yang berisi 14 lagu, itu dirilis pada 2 Februari 2018.

Pemilik nama lengkap Brian Imanuel, yang baru berkarier di AS, ini lahir pada 2 September 1999 dan besar di Jakarta. Brian semakin tertarik dengan musik hip hop setelah berkenalan dengan YouTube ketika menjalani home schooling di Jakarta.

Dua tahun lalu, tepatnya 2016, Brian menggebrak dunia maya dengan video musik "Dat $ tick".  Hingga kini video tersebut telah ditonton 84 juta kali.

Kemudian, ketika ketenarannya mulai tumbuh, Brian menerima sejumlah kritik terhadap nama panggungnya. Karena itu, memulai 2018, ia mengganti namanya menjadi Rich Brian.

Ada lima hal menarik tentang penyanyi rap yang menjadi artis musik pertama Asia yang menduduki posisi pertama di iTunes untuk musik hip hop itu.

Baca juga: Penyanyi Rap Brian Rich Chigga Imanuel Rilis Album Perdana

1. Menyesal pakai nama Rich Chigga
Dalam wawancara dengan majalah GQ baru-baru ini, Brian mengaku bahwa ia menyesal pernah memakai nama Rich Chigga sebagai nama panggungnya.

"Ada orang yang mengatakan bahwa jika nama saya bukan Rich Chigga, orang tidak akan mengecek video musiknya. Saya merasa, video itu sendiri merupakan alasan orang-orang menyukainya. Secara pribadi saya pikir nama saya tidak benar-benar memainkan peran besar," tutur Brian.

Lalu, Brian mengganti namanya karena merasa nama itu sudah tak cocok lagi mewakili musiknya. Bahkan, ia menyebutnya sebagai sebuah kesalahan.

"Saya banyak mengobrol dengan orang-orang di industri ini, saya mendapat masukan, dan saya sama sekali tidak merasa nama itu seperti saya lagi. Itu sesuatu yang saya sadari. Itu merupakan kesalahan yang saya lakukan dulu," ujar Brian.

Baca juga: Rich Brian Ungkap Alasan Tak Lagi Pakai Nama Rich Chigga

2. Ingin jadi sinematografer
Siapa sangka seorang Rich Brian dulunya ingin menjadi sinematografer. Video musik "Dat $ tick" merupakan salah satu proyeknya sebagai penata kamera.

"Tujuan utama saya adalah menjadi seorang sinematografer. Saya membuat film pendek, mengunggahnya di Twitter, dan membangun basis penggemar di sana. Suatu hari, saya mencoba membuat video musik untuk bersenang-senang," cerita Brian.

Ternyata, video musik "Dat $ tick" meledak. Beberapa bulan kemudian, Brian mulai belajar tentang produksi musik dan mulai mencipta lagu.

"Dan, menyadari bahwa saya lebih menyukainya daripada membuat video dan menjadi seorang sinematografer," akunya.

Baca juga: Dengan Amen, Rich Brian Cetak Sejarah di Amerika

3. Serius lewat komedi
Rich Brian menegaskan bahwa ia serius dalam bermusik. Meski begitu, Brian mengakui selalu memasukkan unsur komedi ke dalam lirik lagu atau video musiknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com