Dengan Amen, Rich Brian Cetak Sejarah di Amerika

Kompas.com - 04/02/2018, 14:33 WIB
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Artis musik hip hop asal Indonesia Rich Brian (sebelumnya Rich Chigga) mencetak sejarah yang membanggakan.

Dengan album Amen, ia menjadi artis Asia pertama menduduki posisi pertama di iTunes untuk musik hip hop.

Prestasi itu dikabarkan akun label yang menaunginya, 88rising, di Twitter.

"HISTORY. @richbrian is the first Asian artist in history, to ever reach #1 on the ITunes Hip Hop Chart. People think, rarely wonder," tulis akun @88rising, Minggu (4/2/2018).

Remaja berusia 18 tahun itu merilis album Amen pada Jumat (2/2/2018). Ia menampilkan dua lagunya, "Amen" dan "Cold", secara live pada acara bincang-bincang The Late Late Show with James Corden sehari sebelumnya.

Mengenakan jas bermotif mengkilat, Brian tampil sendiri di panggung. Panggung itu ditata seperti sebuah kamar, lengkap dengan tempat tidur lengkap dengan bantal dan selimut.

Di samping Brian, ada sebuah proyektor yang menampilkan tulisan "Amen" berukuran besar dan "Rich Brian" dalam huruf kapital.

Baca juga : Rich Brian Ungkap Alasan Tak Lagi Pakai Nama Rich Chigga

Remaja bernama lengkap Brian Imanuel itu tampil tanpa iringan musik. Kepulan asap serta kilatan cahaya biru dan merah menguatkan kesan misterius yang ditimbulkan suara bariton Brian.

Beberapa media musik hip hop seperti Rap-Up, Rhyme, dan XXL Magazine menulis tentang Rich Brian. Profilnya juga tampil di media-media besar seperti The Guardian, Vulture, Billboard, bahkan majalah GQ.

Baca juga : Penyanyi Rap Brian Rich Chigga Imanuel Rilis Album Perdana

Sosok Rich Brian dianggap menarik karena selain masih sangat muda, ia datang dari belahan dunia di mana musik hip hop tidak terlalu populer.

Sejak Juli 2017, rapper yang dikenal berkat lagu "Dat $tick" itu berdomisili di Amerika Serikat. Sebelum merilis album debutnya di negara itu, ia mengganti nama panggungnya, dari Rich Chigga menjadi Rich Brian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.