Prinsip Rossa Tiap Kali Bernyanyi

Kompas.com - 07/02/2018, 12:50 WIB
|
EditorKistyarini

DEPOK, KOMPAS.com - Penyanyi Rossa memiliki satu prinsip tiap kali menyanyikan sebuah lagu. Pelantun "Tegar" ini selalu berusaha bernyanyi dengan mudah.

"Buat aku sebetulnya lagu itu enggak boleh susah gitu ya. Setidaknya, kedengarannya jangan susah gitu," kata Rossa di Karno's Studio, Cibubur, Depok, Jawa Barat, Selasa (6/2/2018).

Rossa mengatakan lagu sebaiknya mudah dinyanyikan karena bakal banyak orang ingin ikut menyanyi pada konsernya. Bisa juga ada orang yang ingin membawakannya di panggung musik.

"Supaya orang bisa gampang nyanyiinnya, meskipun nanti nyanyiinnya mirip ataupun enggak, ya enggak tahu," kata Rossa.

"Paling enggak kalau buat karokean itu gampang," ucap Rossa.

Ia menambahkan bahwa yang terpenting itu, selain teknik vokal, adalah rasa lagunya tersampaikan kepada pendengar musik. Bagaimana seorang penyanyi menjiwai lagu agar orang-orang tanpa sadar ikut terbawa suasana gembira atau sedih sesuai isi lagu.

Baca juga : Rian DMASIV: Galaunya Dapat kalau Rossa yang Nyanyi

"Sebetulnya penyanyi sama pemain film itu kan mirip ya. Kalau pemain film itu menjiwai skenarionya, menjiwai karakternya, kalau penyanyi menjiwai tema lagunya, dan bagaimana dia bisa memasukkan jiwa ke dalam lagu itu," kata Rossa.

Baca juga : Rossa Cetak Sejarah untuk DMASIV

"Terus terang enggak semua lagu sih aku pernah ngalamin itu, tapi bagaimana cara aku mendalami peran dalam lagu itu, itu yang paling utama gitu. Jadi ketika kita sudah berhasil memasukkan jiwa ke dalam lagu itu, lagu itu bakal dirasain sama semua orang. Langsung tembus ke hati," sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.