Kaka dan Ridho Slank Bawa Tempat Minum demi Kurangi Sampah Plastik

Kompas.com - 08/05/2018, 16:44 WIB
Kaka dan Ridho Slank saat ditemui dalam jumpa pers #NoStrawMovement di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (8/5/2018). Kompas.com/Ira GitaKaka dan Ridho Slank saat ditemui dalam jumpa pers #NoStrawMovement di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (8/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com- Vokalis band Slank, Akhadi Wira Satriaji atau Kaka mengungkap, bahwa dirinya selalu membawa tempat minum ke manapun demi mengurang penggunaan plastik.

Hal itu dikatakan Kaka saat ditemui dalam jumpa pers #NoStrawMovement di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (8/5/2018).

"Kegiatan pribadi saya enggak mau buka botol plastik, setiap hari saya bawa tumbler, saya masak air di rumah, masukin tumbler, saya bawa ke mana-mana," kata Kaka.

"Gimana caranya saya enggak buka botol plastik. Kalau beli minuman soda enggak usah pakai sedotan," sambungnya.

Baca juga : Kaka dan Ridho Slank Kampanyekan Gerakan Anti-sedotan

Kaka melakukan hal tersebut sejak mengetahui bahwa Indonesia ada di posisi nomor lima penyumbang sampah di dunia.

"Sejak mengetahui faktanya, bahwa Indonesia adalah penghasil sampah plastik dan sampah sedotan lima terbesar di dunia," ucap Kaka.

Sejak saat itu Kaka memutuskan untuk mengurangi penggunaan barang-barang yang terbuat dari bahan plastik.

"Sejak tahu itu kayaknya makin eneg sendiri kalau mau buka botol baru. Kalau memang terpaksa buka botol, baru gue bisa pakai tiga hari tuh," sambungnya.

Baca juga : Fourtwnty Ingin seperti Slank dan Bikin Potlot Sendiri

Senada dengan Kaka, Ridho sang gitaris pun melakukan hal yang sama sejak akhir tahun lalu.

"Aku juga pake tumbler. Aku baru efektif akhir tahun kemarin sih, karena lebih nyaman sih, kalau buka botol baru kita nyumbang sampah kan," tambah Ridho.

Kaka dan Ridho diketahui terlibat dalam gerakan anti sedotan atau No Straw Movement yang digelar oleh restoran ayam cepat saji dan Divers Clean Action.

Baca juga : Slank Persembahkan Non Political Asian Dance untuk Asian Games



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X