Di Pusat Rehabilitasi Narkoba, Fachri Albar Jadi Pengawas

Kompas.com - 28/06/2018, 21:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa hukum Fachri Albar, Sandy Arifin, menyebut bahwa kliennya di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur, sudah seperti pengawas.

Di RSKO Cibubur, Fachri ditahan sekaligus menjalani rehabilitasi selama mengikuti sidang kasus narkoba yang menjeratnya.

"Dia sekarang bukan diperlakukan khusus, tapi dia sudah menjadi salah satu leader di situ," kata Sandy seusai sidang di PN Jakarta Selatan, Kamis (28/6/2018).

Sandy menambahkan, selama beberapa bulan menjalani pengobatan di pusat rehabilitasi, Fachri mengikuti aturan dan progres penyembuhannya berjalan baik.

"Dia tertib dan enggak ada yang dilanggar. Jadi dia kalau enggak salah sudah tinggal yang ngawasin orang-orang yang baru masuk. Dia sudah menjadi leader-lah di sana," ujar Sandy.

Hari ini, Fachri menjalani sidang beragendakan pledoi atau nota pembelaan atas tuntutan jaksa.

Dalam pembelaannya, Fachri meminta majelis hakim untuk meringankan hukumannya. Fachri meminta majelis hakim agar memberikan hukuman 6 bulan rehabilitasi dengan dikurangi masa tahanan.

Permintaan itu lebih rendah tiga bulan dari tuntutan jaksa. Jaksa menuntut Fachri 9 bulan rehabilitasi.

Fachri dinilai melanggar Pasal 127 ayat 1 huruf a UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika (penyalahgunaan) dan melanggar Pasal 60 ayat 5 UU Nomor 35 tahun 1997 tentang psikotropika.

Baca juga: Dituntut 9 Bulan Rehabilitasi, Fachri Albar Minta 6 Bulan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.