Pandji Pragiwaksono: Tak Perlu Terkenal untuk Bikin Tur Dunia Stand Up

Kompas.com - 24/07/2018, 19:39 WIB
Pandji Pragiwaksono saat ditemui di kawasan Senopati, Jakarta Selatan,  Selasa (24/7/2018). Kompas.com/Ira GitaPandji Pragiwaksono saat ditemui di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan pelawak tunggal Pandji Pragiwaksono berpendapat bahwa siap berkarya adalah kunci bagi para komika untuk menggelar sebuah stand up world tour.

Hal itu dikatakan Pandji saat ditemui di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018).

"Menurut saya kapan saya harus bikin tur spesial, saya bilang kapan pun kamu siap mulai berkarya, enggak harus terkenal dulu," kata Pandji.

Menurut Pandji, setiap komika harus berani konsisten untuk mengelar pertunjukan, baik itu di dalam negeri ataupun pertunjukan berskala internasional.

"Mereka bikin dulu pertunjukannya, bikin lagi yang lebih bagus, dan belajar dari pertunjukan pertama. Karena bedanya bikin pertunjukan dan nge-gig adalah karya," ucap bintang film Insya Allah Sah itu.

"Enggak harus bisa ngumpulin seribu penonton, enggak harus lebih dari satu jam, ya udah bikin-bikin aja, yang penting pertumbuhannya," tambahnya.

Pandji menggelar "Pragiwaksono Stand Up World Tour 2018" di lima negara. Ini adalah kali ketiga Pandji menggelar tur pertunjukan dunianya.

Pandji akan berkeliling ke-10 kota dari lima Negara yaitu, Filipina, Cina, Jerman, Belanda, dan Indonesia. Perjalanan tur dunia Pandji akan dimulai di Manila pada 28 Juli mendatang, dan berakhir di Jakarta pada Januari 2019.

Baca juga: Pandji Pragiwaksono: Komika Jangan Buru-buru Pengin Terkenal

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X