Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandji Pragiwaksono: Tak Perlu Terkenal untuk Bikin Tur Dunia Stand Up

Kompas.com - 24/07/2018, 19:39 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan pelawak tunggal Pandji Pragiwaksono berpendapat bahwa siap berkarya adalah kunci bagi para komika untuk menggelar sebuah stand up world tour.

Hal itu dikatakan Pandji saat ditemui di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018).

"Menurut saya kapan saya harus bikin tur spesial, saya bilang kapan pun kamu siap mulai berkarya, enggak harus terkenal dulu," kata Pandji.

Menurut Pandji, setiap komika harus berani konsisten untuk mengelar pertunjukan, baik itu di dalam negeri ataupun pertunjukan berskala internasional.

"Mereka bikin dulu pertunjukannya, bikin lagi yang lebih bagus, dan belajar dari pertunjukan pertama. Karena bedanya bikin pertunjukan dan nge-gig adalah karya," ucap bintang film Insya Allah Sah itu.

"Enggak harus bisa ngumpulin seribu penonton, enggak harus lebih dari satu jam, ya udah bikin-bikin aja, yang penting pertumbuhannya," tambahnya.

Pandji menggelar "Pragiwaksono Stand Up World Tour 2018" di lima negara. Ini adalah kali ketiga Pandji menggelar tur pertunjukan dunianya.

Pandji akan berkeliling ke-10 kota dari lima Negara yaitu, Filipina, Cina, Jerman, Belanda, dan Indonesia. Perjalanan tur dunia Pandji akan dimulai di Manila pada 28 Juli mendatang, dan berakhir di Jakarta pada Januari 2019.

Baca juga: Pandji Pragiwaksono: Komika Jangan Buru-buru Pengin Terkenal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com