Film Keluarga Cemara Angkat Nilai-nilai Kesederhanaan dan Kehangatan

Kompas.com - 20/08/2018, 17:13 WIB
|
Editor Ati Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Keluarga Cemara, yang tadinya "menetap" di layar kaca dalam sinetron seri Keluarga Cemara (6 Oktober 1996 hingga 30 Oktober 2005), akan pindah "tempat tinggal" ke layar lebar.

Film Keluarga Cemara itu disutradarai oleh Yandy Laurens.

Baca juga: Yandy Laurens Kaget Diberi Kepercayaan Sutradarai Keluarga Cemara

Nilai-nilai kesederhanaan dan kehangatan dalam sinetron seri tersebut membuat penulis Gina S Noer serta pasangan suami istri sutradara Angga Dwimas Sasongko dan produser Anggia Kharisma terpikat untuk membuat film itu.

Menurut mereka, nilai-nilai tersebut kurang muncul di layar lebar Indonesia kini.

Anggia Kharisma, yang menaruh perhatian pada isu-isu mengenai penguatan peran perempuan, berpendapat pula bahwa dalam cerita Keluarga Cemara karakter-karakter Emak dan Euis tidak kalah penting dari karakter Abah.

Baca juga: Keluarga Cemara Kembali Hadir dalam Versi Layar Lebar

Siaran pers tertulis yang diterima oleh Kompas.com pada Senin (20/8/2018) juga menerangkan bahwa ide pembuatan film tersebut lahir ketika Gina S Noer berdiskusi dengan Angga Dwimas Sasongko dan Anggia Kharisma.

Mereka bertemu untuk membicarakan kemungkinan membuat film baru.

Baca juga: Ringgo Merasa Ada Beban Perankan Abah dalam Keluarga Cemara

Film tersebut akan menjadi film terpanjang yang pernah digarap oleh Yandy Laurens, sutradara yang pernah meraih Piala Citra untuk film pendek terbaik Wan An (2012) dan menggarap webseries Sore (2017).

Baca juga: Keluarga Cemara Bikin Asri Welas Tak Kuasa Tahan Tangis

Film Keluarga Cemara akan menghibur masyarakat Indonesia tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.