Endah N Rhesa Suntikkan Musik Masa Kini ke dalam Singel We

Kompas.com - 27/09/2018, 08:52 WIB
Endah N Rhesa Extended tampil di kantor Redaksi Kompas.com, di Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018). Endah N Rhesa memboyong enam rekan mereka, yakni Ni Putu Ayu Christy Karina (vokal), Bhisma Mahendra (gitar), Budie Tanzania (gitar/vokal), Dias (gitar), Aryo Prakarsa (terompet/vokal), dan Sirhan Bahasuan (drum/perkusi) dalam formasi baru Endah N Rhesa Extended. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOEndah N Rhesa Extended tampil di kantor Redaksi Kompas.com, di Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018). Endah N Rhesa memboyong enam rekan mereka, yakni Ni Putu Ayu Christy Karina (vokal), Bhisma Mahendra (gitar), Budie Tanzania (gitar/vokal), Dias (gitar), Aryo Prakarsa (terompet/vokal), dan Sirhan Bahasuan (drum/perkusi) dalam formasi baru Endah N Rhesa Extended.

JAKARTA, KOMPAS.com -- Duo artis musik istri dan suami, Endah N Rhesa, baru saja merilis singel baru mereka, "We".

Tak seperti untuk lagu-lagu yang mereka lahirkan sebelumnya, proses pembuatan "We" memakan waktu relatif lama.

"Lagu 'We' adalah lagu pertama yang kami garap, tetapi juga lagu yang paling terakhir diselesaikan pada saat album kelima dibuat," kata Rhesa dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/9/2018).

Baca juga: Endah N Rhesa Jawab Kerinduan Para Penggemar Lewat Singel We

Rhesa juga mengatakan bahwa ia dan Endah membutuhkan waktu lebih untuk menemukan formula yang pas dengan karakter dan format mereka, karena mereka mencoba mengolah referensi musik masa kini.

Dalam "We", suara gitar akustik dan bas masih menjadi sajian utama selain vokal Endah.

Namun, duo ini menghadirkan aransemen musik dengan beat dan groove yang segar ditambah sedikit distorsi gitar dan permainan terompet oleh Aryo "Dakoy". 

Baca juga: Endah N Rhesa: Kami Bikin Album Bukan untuk Jualan

"Kami berdua merasa perlu berdiskusi dan bertukar pikiran tentang konsep dan arah musik di album kelima Endah N Rhesa," kata Rhesa pula.

"Ditunggu saja album kelima, semoga rilis dalam jarak waktu yang tidak jauh dari perilisan single pertamanya," tambahnya.

Endah Widiastuti (gitar dan vokal) dan Rhesa Aditya (bas) sudah bermain musik bersama sejak 2004 dan kemudian menikah pada 2009.

Baca juga: Endah N Rhesa Rampungkan Proses Rekaman Album Kelima

Bersama label independen Demajors, mereka telah mengeluarkan empat album, yaitu Nowhere to Go (2009), Look What We've Found (2010), Escape (2013), dan Seluas Harapan (2015) serta satu album mini kolaborasi dengan Dialog Dini Hari, Parahita (2016).

Pada 2014, Endah N Rhesa bekerja sama dengan label Rambling Records merilis album berjudul Anthology untuk diedarkan di Jepang dan Korea Selatan.

Baca juga: Menua Bersama, Cita-cita Endah N Rhesa

Berkat beberapa karya mereka, Endah N Rhesa telah meraih Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards.

Salah satunya adalah singel "Menua Bersama", yang dirilis pada Februari 2018 dan masuk  nominasi Lagu Folk/Country/Balada Terbaik dalam AMI 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.