Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rich Brian, Namanya Mendunia Setelah Video Musiknya Mengguncang Jagat Internet

Kompas.com - 18/10/2018, 09:05 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua tahun yang lalu, Brian Imanuel hanya seorang remaja Jakarta biasa yang gemar berselancar di internet. Kini, Brian telah menjadi salah satu rapper yang mulai diperhitungkan di kancah musik dunia.

Menggunakan nama Rich Chigga, Brian memulai kariernya dari video musik hip hop berjudul "Dat $tick" yang diunggah ke YouTube pada 22 Februari 2016.

Video berdurasi 2 menit 8 detik itu berhasil mengguncang jagat internet dan telah ditonton sebanyak 98 juta kali sampai saat ini.

"Dat $tick" mendapatkan reaksi positif dari sejumlah rapper Amerika Serikat, di antaranya 21 Savage, Tory Lanez, MadeinTYO, dan Desiigner untuk membuat video reaksi.

Baca juga: Rich Brian Ungkap Alasan Tak Lagi Pakai Nama Rich Chigga

Salah satu rapper yang terang-terangan memujinya adalah Ghostface Killah, anggota grup musik hip hop legendaris bernama Wu Tang Clan.

Tak cuma memuji, Ghostface Killah membuat proyek musik remix dari lagu "Dat $tick" bersama rapper Pouya.

Selain soal musik, konsep video klipnya juga unik. Meskipun tema video musik itu tentang gangster dengan atribut pistol dan botol minuman, Brian justru menyajikan penampilan yang kontras. Ia mengenakan polo shirt pink, celana pendek krem, dan tas pinggang yang jauh dari kesan sangar.

Usianya saat itu masih 16 tahun dan berkat "Dat $tick", Brian kemudian diundang tampil dalam festival musik We The Fest 2016 lalu.

Pada September 2016, Brian merilis single berjudul "Who That Be", dilanjutkan dengan "Seventeen" ketika usia Brian beranjak 17 tahun.

Baca juga: 6 Fakta di Balik Sosok Rapper Muda, Rich Brian

Bermula dari internet

Internet tidak bisa dipisahkan dari kesuksesan Brian. Internet menjadi temannya ketika ia bosan dan kesepian di rumah karena menjalani homeschooling.

Berawal dari mencari strategi untuk menyelesaikan rubik lebih cepat, Brian menemukan ruang bermain baru, YouTube dan Vine (aplikasi berbagi video yang sekarang sudah tutup). Eksistensinya di dunia maya pun dimulai sejak saat itu.

Remaja kelahiran 3 September 1999 ini kemudian mulai aktif membuat video-video bergaya dark-comedy Amerika. Brian menghabiskan waktu 13 jam menyelam di "lautan" internet.

"Saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan kemudian saya "berenang" semakin dalam ke dunia internet. Dan pada satu titik saya punya lebih banyak teman di internet daripada di kehidupan nyata," kata Brian.

Baca juga: Kumpulan Tweet Jadul Ini Jadi Bukti Rich Brian seperti Remaja Indonesia Umumnya

Internet mempunyai peran penting dalam karier Brian. Selain sebagai pembuka jalannya ke industri musik, internet juga membuat Brian fasih berbahasa Inggris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com