Sutradara Ungkap Alasan Tak Ada Veronica Tan di Film "A Man Called Ahok"

Kompas.com - 06/11/2018, 11:23 WIB
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com — Film A Man Called Ahok garapan sutradara Putrama Tuta akan tayang serentak pada 8 November mendatang.

Film yang diangkat dari buku karya Rudi Valinka ini menceritakan perjalanan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Namun, dalam film itu tidak ada sosok Veronica Tan, yang membina rumah tangga dengan Ahok dari 1997 hingga 2018.

"Kalau (tak ada sosok Veronica) itu memang dari awal saya mau fokus ke hubungan Ahok dan ayahnya," ucap sutradara Putrama Tuta usai press screening film A Man Called Ahok di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/11/2018).

Dalam film berdurasi 90 menit itu, hanya satu adegan yang menampilkan sosok yang diyakini merupakan Veronica, yakni ketika seorang perempuan berambut pendek menjenguk Ahok yang berada di balik jeruji besi.

Menurut Tuta, memasukkan kisah asmara Ahok dan Veronica dalam film dikhawatirkan justru akan membuat penonton tak langsung menangkap pesan utama film tersebut.

"Kalau masukin sosok Veronica, fokus nanti terpecah. Ini cerita soal ayah Ahok (Kim Nam) mendidik (anaknya), itu saja," ucap Tuta.

Tuta mengungkapkan, A Man Called Ahok adalah jawaban atas keinginannya untuk membuat film tentang drama keluarga tentang membesarkan anak-anak.

"Ini film tentang pentingnya keluarga pada hidup seseorang. Saya dari dulu memang mau buat film drama keluarga yang bisa menginspirasi banyak orang. Mudah-mudahan film ini bisa menghibur juga," ungkap Tuta.

Film ini dibintangi Daniel Mananta (Ahok dewasa), Denny Sumargo (Kim Nam muda), Chew Kin Wah (Kim Nam tua), Eriska Rein (ibunda Ahok muda), Jill Gladys (Vivi/adik Ahok), Sita Nursanti (ibunda Ahok tua), Donny Damara (pejabat pemerintahan Belitung Timur), dan Ferry Salim (Koh Asun).

Baca juga: NTRL Sumbang Takis untuk Soundtrack Film A Man Called Ahok

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.