Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daniel Mananta Pernah Ingin Mundur dari "A Man Called Ahok"

Kompas.com - 06/11/2018, 11:58 WIB
Andika Aditia,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Presenter Daniel Mananta didapuk untuk memerankan sosok Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam film A Man Called Ahok garapan sutradara Putrama Tuta.

Bagi Daniel, ini merupakan peran utama pertama yang ia mainkan dalam sebuah film. Daniel merasa menjadi pemeran utama bukanlah perkara mudah, apalagi ia harus bermain dengan aktor-aktor berpengalaman, seperti Donny Damara, Ferry Salim, Denny Sumargo, dan Chew Kin Wah.

"Jujur banget ini mungkin agak spiritual, gue sebenernya enggak PD (percaya diri) banget ketika hari pertama reading, gue baca skripnya, dan jujur gue lihat peran ini cukup berat, berat banget," ungkap Daniel saat ditemui usai press screening film A Man Called Ahok di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/11/2018).

Saking beratnya, Daniel mengaku bahwa ia sempat ingin mundur saat memerankan sosok Ahok.

"Gue sempat telepon manajer gue buat mundur (perankan Ahok) karena gue takut banget. Gue adalah aktor yang lemah," ucap pria berusia 37 tahun ini.

Akan tetapi, Daniel mengurungkan niat tersebut setelah terus diberi motivasi untuk terus memerankan sosok Ahok sampai proses shooting selesai.

"Tapi manajer gue bilang 'justru itu, lo dipilih jadi aktor di saat yang tepat, tapi melalui kekuatan yang diberi Tuhan saat ini. Kalau memang jalannya Tuhan, lo akan terlihat sebagai aktor hebat'. Nah setelah itu gue dapat banget confidence-nya," ucap Daniel.

Daniel pun tak segan untuk melakukan riset secara terus-menerus agar bisa memahami betul karakter asli Ahok.

"Nah terus gue minta ke Pak Tuta casting sekali lagi, dan di situ gue riset banget tentang Pak Ahok. Gue nonton YouTube-nya semua. Setiap hari selama 30 hari gue benar-benar (mencoba) tiap 5 menit (sehari) jadi Pak Ahok," ucap Daniel.

"Ke mana-mana pakai kaus polo, baju dimasukkin, pakai kacamata, rambut gue miringin, kemana-mana dengerin lagu mandarin, suara gue serak-serakin, sampai akhirnya gue ngerasalah dan enggak aneh lagi untuk jadi Ahok," sambung Daniel.

Film yang diadaptasi dari buku karya Rudi Valinka dengan judul yang sama itu akan diputar pada 8 November 2018 mendatang.

Film ini bercerita tentang hubungan Ahok dengan ayahnya, Kim Nam. Mereka saling mengemukakan prinsip dan pandangan hidup sampai akhirnya Ahok terjun ke dalam dunia politik.

Baca juga: Sutradara Ungkap Alasan Tak Ada Veronica Tan di Film A Man Called Ahok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com