Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktif di PBB, Musisi Jazz Candra Darusman Tetap Produktif Bermusik

Kompas.com - 29/11/2018, 20:56 WIB
Andika Aditia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi jazz Candra Darusman rupanya tetap produktif menghasilkan karya musik, meski sibuk dengan urusan pekerjaan di WIPO (World Intellectual Property Organization). Candra mulai bergabung dengan WIPO sejak tahun 2001 silam.

Lembaga bentukan PBB tersebut bermarkas di Jenewa, Swiss yang dibuat untuk mendorong kreativitas dan memperkenalkan perlindungan kekayaan intelektual ke seluruh dunia.

"Ya memang utamanya kerja, tapi di waktu luang saya tetap mencipta lagu," ucap Candra saat ditemui dalam peluncuran singel "Pengungkapan Hatimu" miliknya di kawasan Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (29/11/2018).

Meski intensitas dalam bermusik berkurang, kata Candra, ia masih sempat menciptakan lagu, salah satunya singel terbaru, "Pengungkapan Hatimu" yang ia nyanyikan bersama Andien Aisyah dan dibantu oleh Tohpati dalam tata musik.

Baca juga: Candra Darusman dan Andien Berkolaborasi dalam Pengungkapan Hatimu

"Kalau soal ngamennya (manggung) iya (berkurang), tapi kalau mencipta lagu iya (masih), kayak lagu ini (Pengungkapan Hatimu) saya ciptakan di Jenewa dan Singapura," ungkap pria berusia 61 tahun ini.

Musisi yang tergabung dalam grup musik Chaseiro dan Karimata ini menambahkan, bahwa regulasi atas hak kekayaan intelektual di Tanah Air kini sudah cukup baik dan memadai.

"Makin bagus, makin bagus (regulasinya), tinggal gimana kesadaran masyarakat harus kita ingatkan lagi," ucap Candra.

Baca juga: Candra Darusman: Suara Saya dan Andien Empuk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com