Black Panther Cetak Sejarah di Golden Globe - Kompas.com

Black Panther Cetak Sejarah di Golden Globe

Kompas.com - 07/12/2018, 09:06 WIB
Chadwick Boseman sebagai  Black Panther.YouTube Chadwick Boseman sebagai Black Panther.

KOMPAS.com - Si pembuat sejarah, Black Panther, kembali mencetak sejarah. Film arahan sutradara Ryan Coogler itu menjadi film superhero pertama yang dinominasikan untuk Best Picture dalam kategori drama di Golden Globes 2019.

Pada Kamis (6/12/2018), beberapa bintang Hollywood, mengumumkan daftar nominasi Golden Globe ke-76 yang akan berlangsung di Beverly Hills, California, pada Januari tahun depan.

Black Panther yang menjadi film superhero solo terlaris hingga saat ini dengan pendapatan 1,3 miliar dolar AS atau Rp 18,8 triliun di seluruh dunia, juga dinominasikan untuk Best Original Song ( "All The Stars" - Kendrick Lamar feat SZA) dan Best Original Score (scoring karya Ludwig Göransson).

Sebenarnya, ada film superhero lain yang pernah menjadi nomine Best Picture dalam Golden Globe, yakni Deadpool. Namun, nominasi Best Picture itu untuk kategori film musikal atau komedi.

Baca juga: Black Panther Masuk Nominasi Best Picture di Golden Globe 2019

Deadpool juga terhitung sebagai waralaba film Marvel pertama yang dinominasikan untuk Golden Globe dua tahun lalu.

Sayangnya, nominasi tersebut tidak diperhitungkan untuk Marvel Studios karena Twentieth Century Fox yang memegang kredit untuk lisensi Deadpool dari Marvel Entertainment.

Nominasi Golden Globe ini adalah pencapaian penting untuk film superhero. Dengan pengecualian penghargaan Academy Awards kepada Heath Ledger sebagai aktor pendukung terbaik untuk perannya sebagai Joker dalam The Dark Knight, genre superhero belum mendapatkan banyak perhatian dalam acara penghargaan film.

Beberapa film Marvel yang lain pernah dinominasikan untuk kategori efek visual dalam perhelatan Oscar, namun tidak ada yang pernah menang.

Baca juga: Marvel Gandeng Sutradara Ryan Googler untuk Black Panther 2



Close Ads X