Nino RAN: Kemenangan di FFI 2018, Kado untuk Lombok

Kompas.com - 11/12/2018, 12:19 WIB
Rayi (kiri) bersama dua personel lain RAN, Nino dan Asta, hadir dalam gala premier film Kulari ke Pantai di Epicentrum Walk XXI, Jakarta Selatan, Sabtu (23/6/2018).KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Rayi (kiri) bersama dua personel lain RAN, Nino dan Asta, hadir dalam gala premier film Kulari ke Pantai di Epicentrum Walk XXI, Jakarta Selatan, Sabtu (23/6/2018).

KOMPAS.com -- Sebagai film keluarga, khususnya anak, film Kulari ke Pantai, yang dirilis pada Juni 2018, mendapat sambutan luar biasa.

Selain karena memang jarang ada film untuk anak yang muncul di bioskop Indonesia, tema tak biasa yang diangkat oleh produser Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza ini membuat banyak keluarga menjadikan film ini "tontonan wajib" ketika itu.

Namun, tidak banyak yang mengira film ini akan menang dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2018 untuk kategori Lagu Tema Terbaik, mengalahkan para nomine lain.

Baca juga: Sedang Tampil di Senggigi, RAN Dapat Piala Citra untuk Lagu Kulari ke Pantai

Lagu tema film Kulari ke Pantai, yang aslinya berjudul "Selamat Pagi", dicipta dan digarap oleh RAN, kelompok musik beraliran jazz, R&B, funk, hip hop, dan pop.

Kelompok yang beranggota Rayi Putra Rahardjo, Astono "Asta" Andoko, dan Anindyo "Nino" Baskoro itu secara khusus membuat video musik lagu tersebut di Lombok.

Video musik itu dibikin jauh sebelum gempa pertama mengguncang Lombok, pada 29 Juli 2018.

Oleh karena itu, bagi RAN, kemenangan lagu tema film tersebut dalam FFI 2018, yang diadakan di Jakarta pada 9 Desember 2018, sangat istimewa.

Baca juga: Setelah 10 Tahun Tak Buat Film Anak, Riri Riza dan Mira Lesmana Lahirkan Kulari ke Pantai

"Yang pasti, RAN senang banget bisa meraih penghargaan menjadi penulis lagu terbaik di FFI 2018. Yang lebih spesial lagi, lagu 'Kulari ke Pantai', video musiknya dilaksanakan di Lombok sebelum terjadi bencana, terus kemudian waktu dengar kabarnya kami pas banget lagi di Lombok, baru turun dari panggung," ujar Nino, salah seorang personel RAN, kepada VOA Indonesia, Senin (10/12/2018) malam.

"Ini jadi kado yang baik untuk Lombok, yang sekarang lagi bangkit lagi. Moga-moga lagu 'Kulari ke Pantai' bisa menguatkan Lombok," tambahnya di sela mengisi sebuah acara di Jakarta.

Baca juga: Ada Pesan Terselip dalam Film Kulari Ke Pantai untuk Anak Indonesia

Mira Lesmana, selaku produser film Kulari ke Pantai, mewakili RAN untuk menerima penghargaan itu pada Malam Anugerah Piala Citra 2018 atau FFI 2018 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (9/12/2018) malam.

"Ini buat Rayi, Asta dan Nino, untuk lagu tema terbaik. Sayang mereka tidak bisa hadir," ujar Mira di panggung.

Kantor Berita Antara melaporkan bahwa Mira mengaku optimistis lagu yang dicipta oleh RAN itu akan menjadi yang terbaik dalam FFI 2018.

"Kami senang bisa bekerja sama dengan mereka (RAN). Sangat fun, energinya bagus, dan senang bisa bekerja sama," ujar Mira, yang dikutip oleh Antara.

Baca juga: RAN Seru-seruan dalam Video Klip Soundtrack Film Kulari ke Pantai

Mira juga optimistis kemenangan tersebut akan membuatnya melanjutkan kerjasama dengan RAN dan sekaligus mendorong kelahiran film-film anak lainnya.

Nino mengatakan pula kepada VOA Indonesia bahwa RAN sedang menyiapkan proyek baru

"Next project RAN sendiri masih rahasia sih. Jadi, belum terlalu banyak yang bisa diberitahukan di sini. Tapi, yang jelas, kami akan merilis sesuatu di tahun depan. Tungguin aja ya!" ucapnya menutup pembicaraan.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X