Fakta-fakta Artis VA dan Kasus Dugaan Prostitusi "Online"

Kompas.com - 07/01/2019, 06:47 WIB
Artis VA (berpakaian ungu) menutupi wajahnya saat ia dibawa ke Mapolda Jawa Timur, Surabaya, Sabtu (5/1/2019).SURYA/MOHAMMAD ROMADONI Artis VA (berpakaian ungu) menutupi wajahnya saat ia dibawa ke Mapolda Jawa Timur, Surabaya, Sabtu (5/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — Akhir pekan lalu, tepatnya Sabtu (5/1/2019) sekitar pukul 12.30 WIB, Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim menciduk seorang artis berinisial VA di sebuah kamar hotel di Surabaya, Jawa Timur.

Ia diamankan karena diduga terlibat praktik prostitusi online. Saat itu, VA disebut sedang berhubungan badan dengan seorang pria yang diduga sebagai pemesannya.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim AKBP Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, VA diamankan bersama perempuan yang disebut juga seorang artis berinisial AS.

Mereka tertangkap basah saat berada di dalam kamar yang berbeda. Selain VA dan AS, ada dua mucikari yang juga diamankan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, tarif untuk sekali kencan dengan artis VA sebesar Rp 80 juta. Sedangkan rekannya bertarif Rp 25 juta.

VA dan AS serta dua mucikarinya kemudian menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Timur.

Kompas.com merangkum beberapa fakta baru berkait artis VA dan kasus dugaan prostitusi online yang menjeratnya.

1. Curhat soal pacar

Lydia, manajer artis VA, mengatakan bahwa sebelum VA ke Surabaya, Jawa Timur, artisnya itu mengaku sedang ada masalah asmara.

"Dia bilangnya karena dia lagi berantem sama pacar. Kalau pacarnya nyariin, bilang 'saya nge-MC di Sutos (Surabaya Town Square)'," kata Lidya kepada Kompas.com via telepon, Minggu (6/1/2019).

Komunikasi terakhir mereka itu terjadi pada Sabtu (5/1/2019) pukul jam 08.44 WIB. Setelah itu, Lidya tak lagi berkomunikasi dengan VA sampai ia mendapat kabar dari media soal VA.

"Saya tidak tahu dia dapat kerjaan dari mana karena tidak laporan sama saya. Dia berangkat sendiri setahu saya," katanya.

"Ya pasti kaget. Karena saya tidak pernah menyangka seperti itu. Saya kenal Vanessa bukan orang yang seperti itu, makanya saya kaget," katanya.

Baca juga: Usai Ditangkap karena Kasus Prostitusi Online, Artis VA Dipulangkan

2. Tarif Rp 80 juta dan pengakuan manajer

Lidya juga angkat bicara mengenai tarif "kencan" artis VA yang disebut capai Rp 80 juta. Ia menegaskan tak tahu menahu soal tarif tersebut.

"Saya sama sekali tidak tahu. Kalau tarif FTV, nge-MC, pasti saya tahu karena saya (yang) nego. Tapi kalau tarif yang lain, saya enggak tahu," ujarnya.

"Dibilangnya saya terlibat juga, 'masa manajemen enggak tahu' katanya. Lah, kalau memang seperti itu, saya sudah punya rumah 10 tingkat, he-he-he," tambahnya.

Baca juga: Manajer Bicara tentang Tarif Kencan Artis VA Rp 80 Juta

3. Dipulangkan

Setelah menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 24 jam, pada Minggu sore VA dipulangkan.

Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Harissandi mengatakan pertimbangan utama pihaknya memulangkan VA karena waktu pemeriksaan sudah mencapai batas waktu.

Selain itu, status Vanessa juga bukanlah tersangka, melainkan masih sebatas saksi.

"Karena statusnya masih saksi," ujar Harissandi.

Baca juga: Usai Ditangkap karena Kasus Prostitusi Online, Artis VA Dipulangkan

4. Dibantu Jane Shalimar

Pada Minggu siang, artis peran Jane Shalimar sengaja terbang ke Surabaya untuk mendampingi VA. Ia bahkan sebelumnya sudah mengirimkan tim kuasa hukum untuk VA.

"Jadi saya mau ke Surabaya sekarang. Jadi mau koordinasi langsung ke sana untuk lihat keadaan dia (VA) juga," kata Jane saat dihubungi via telepon siang tadi.

"Saya sendiri karena tim lawyer sudah duluan ke sana. Tapi mereka enggak mau buat pergerakan apa-apa sebelum saya kasih komando. Jadi saya bilang, tunggu saya di sana," tambahnya.

Baca juga: Dilepas Polisi, Artis VA Minta Maaf karena Bikin Gaduh

5. Berpose duck face

Saat akhirnya bisa pulang setelah menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 24 jam, VA bersama rekannya sesama artis, Jane Shalimar, terlihat berpose duck face.

"Yeayyy pulaaang," tulis Jane melalui fitur Insta Story akun Instagram-nya @janeshalimar_1, seperti Kompas.com, Minggu (6/1/2019) sore.

Ia memajang fotonya mengecup pipi kanan VA, sementara VA melakukan gaya duck face. VA tampak sudah berganti pakaian. Jika sebelumnya mengenakan busana ungu, dalam foto VA dibalut baju putih.

Wajahnya tampak dihiasi polesan make-up dengan lipstik merah, bulu mata lentik, dan anting putih yang mempercantik penampilannya.

Baca juga: Dipulangkan, Artis VA Berpose Duck Face Bareng Jane Shalimar

6. "Shocked" dan gemetar

Jane Shalimar menyebut VA dalam keadaan shocked dan gemetar saat bertemu dengannya di Polda Jawa Timur.

"Pas pertama kali ketemu sama aku tadi, masih shocked. Ya wajarlah menghadapi permasalahan kayak gini," ucap Jane saat dihubungi awak media via telepon, Minggu sore.

"Begitu ketemu aku tadi, dia speechless, meluk aku, gemeteran badannya. Aku bilang 'enggak apa-apa, udah, kamu udah di tangan yang aman'," tambahnya.

Menurut Jane, ketika tahu akhirnya bisa pulang, VA merasa lega dan bersyukur.

"Perasaannya lega ya. Iya alhamdulillah sudah (dapat pulang). Ini dia (VA) lagi sama aku sekarang, lagi istirahat, biar dia istirahat dulu," ucap Jane.

Baca juga: Kata Jane Shalimar, Artis VA Shocked dan Gemetar di Kantor Polisi

7. Mengaku terjebak

Masih menurut Jane Shalimar, saat berbincang dengannya, VA mengaku terjebak di tempat dan waktu yang salah.

"Seperti feeling aku. (VA mengaku) dia ini terjebak di tempat dan waktu yang salah," kata Jane saat dihubungi awak media via telepon, Minggu (6/1/2019) sore.

Menurut pengakuan VA lagi, ia tak terlibat praktik prostitusi online seperti yang dituduhkan.

"Enggak ada (keterlibatan). Aku sudah kroscek sama pihak kepolisiannya," ucap Jane.

Baca juga: Pengakuan Artis VA soal Dugaan Terlibat Prostitusi Online

8. Identitas pemesan VA

Setelah memulangkan VA, polisi akhirnya mengungkap identitas pengusaha yang diduga memesan VA melalui prostitusi online.

"(Usianya) 45 tahun. (Inisial) R aja. Bukan (pengusaha media online). Ya pengusaha aja," ucap Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Harissandi, saat dihubungi awak media via telepon, Minggu malam.

Harissandi mengatakan bahwa perusahaan pengusaha tersebut salah satunya bergerak di bidang jasa dan memiliki banyak anak usaha.

Pengusaha itu sudah diperiksa, namun hanya beberapa jam saja dan langsung dipulangkan pada Sabtu (5/1/2019).

"Dia dipulangkan kemarin. Karena kan yang kami kenain undang-undang kan mucikari," ucap Harissandi.

Baca juga: Polisi Ungkap Identitas Pengusaha Terduga Pemesan Artis VA

9. Bebas sementara

Harissandi juga mengatakan, meski pihaknya sudah membolehkan VA pulang, hal itu masih bersifat sementara. Sebab, mereka masih terus melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut.

"Untuk sementara iya (bebas)," kata Harissandi.

Selain itu, penyidik berencana memanggil VA pada Senin (7/1/2019) untuk kembali diperiksa karena ada beberapa barang bukti milik VA yang polisi sita.

"Yang tiga pulang (termasuk VA), yang dua tersangka, mucikarinya kan dua," kata Harissandi.

Baca juga: Polisi: Artis VA Bebas untuk Sementara



Close Ads X