Bagus NTRL: Gue Enggak Pernah Menyangka Bisa Sampai 25 Tahun

Kompas.com - 16/01/2019, 10:43 WIB
Coki, Bagus dan Eno yang tergabung dalam grup band NTRL saat peluncuran album Boxset NTRL 25 TH di Menara Palma, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (15/1/2019). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Coki, Bagus dan Eno yang tergabung dalam grup band NTRL saat peluncuran album Boxset NTRL 25 TH di Menara Palma, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (15/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band NTRL atau yang dulu bernama Netral, sudah 25 tahun berkarya di industri musik Tanah Air.

Sang vokalis, Bagus Dhanar Dhana mengaku tak menyangka bahwa band yang ia bangun sejak SMA, bisa bertahan hingga kini.

"Enggak terasa dari band SMA cuman ngejam-ngejam, main-main latihan enggak jelas sampai akhirnya bikin demo, diterima sama label, bikin album. Terus sampai gonta-ganti personel sampai sekarang," ujar Bagus dalam peluncuran Boxset NTRL 25 TH di Menara Palma, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (15/1/2019).

Sepanjang 25 tahun berkarya, NTRL sudah memiliki 14 album. Bagus juga tidak menyangka bisa meluncurkan karya sebanyak itu.

"Terakhir 14 album rilis ini 25 tahun berkarya itu enggak bisa digambarkan dengan kata-kata deh. Gue sih enggak pernah nyangka akan bisa sejauh 25 tahun ini, karena kami kepikiran berkarya, berkarya saja, bikin album," papar Bagus lagi.

Rekan Bagus, Coki mengatakan, mereka hanya memikirkan bermain musik tanpa menyadari bahwa usia band mereka sudah 25 tahun.

"Main aja terus, enggak pernah berhenti bikin lagu. Sampai yang ngingetin orang lain kalau sudah 25 tahun. Lama, cuman enggak terasa kayak baru kenal kemarin, karena memang enjoy, mainnya memang klik," kata Coki.

"Jadi enggak pernah ngerasain timeline tahu-tahu sudah tahun baru. Entar melek tahu-tahu tahun 2020, enggak pernah terfokus kita sudah begini begitu," imbuh Coki.

Grup band NTRL dibentuk pada tahun 1991. Grup band ini awalnya digawangi oleh Bagus, Bimo dan Miten. Lalu Bimo memutuskan untuk hengkang dan posisinya digantikan oleh Eno.

Kemudian Miten juga memutuskan untuk hengkang karena ingin menyelesaikan studinya di Amerika. Posisi Miten lantas digantikan oleh Coki.

Pada 2015 Netral resmi berganti nama menjadi NTRL karena nama Netral sendiri telah dipatenkan oleh Bimo. Nama NTRL diperkenalkan bersamaan dengan dirilisnya lagu "Sakit Jiwa" yang terdapat di album 11/12.

Baca juga: Rayakan 25 Tahun Berkarya, NTRL Rilis Boxset Album Premium



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X