Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naskah Drama Terpopuler Korea Selatan, SKY Castle, Bocor di Internet

Kompas.com - 17/01/2019, 17:48 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

KOMPAS.com -- File PDF naskah seri drama Korea Selatan yang sedang populer, SKY Castle, untuk episode 17 dan 18 bocor di internet. Stasiun televisi JBTC yang menayangkannya langsung melaporkan kejadian itu ke polisi.
 
"Kami telah melapor ke pihak kepolisian akan menyelediki bocor naskah (SKY Castle). Meskipun kami sudah memberi peringatakn keras terhadap kebocoran konten untuk melindungi hak pemirsa, naskah tersebut masih berkeliaran di web," kata perwakilan JBTC, Kamis (17/1/2019).

Naskah drama resmi yang bocor secara online ini adalah kejadian pertama. Tak dapat dipungkiri, pihak JBTC mengalami kerugian besar akibat naskah SKY Castle yang masih berkeliaran di berbagai komunitas online.

Padahal sisa empat episode lagi sebelum SKY Castle berakhir.

"Ini tidak hanya pelanggaran hak cipta terhadap konten kreatif penulis naskah, tetapi juga hambatan moral yang besar bagi staf dan pemirsa," ucap perwakilan JBTC.

"Dengan menugaskan penyelidikan polisi di dunia maya, kami akan menemukan pelaku awalnya serta beberapa pihak yang ikut menyebarkan naskah itu dan kami meminta hukuman seberat-beratnya," tambah mereka.

SKY Castle saat ini merupakan drama dengan peringkat pemirsa tertinggi yang pernah ada dalam sejarah JTBC, sehingga kebocoran tersebut bisa memberikan dampak buruk.

"Tolong jangan membocorkan konten (SKY Castle) lebih jauh," ujar pihak JBTC.

Episode 17 dan 18 SKY Castle baru akan tayang pada Jumat dan Sabtu, 18 - 19 Januari 2019.

Baca juga: 9 Drama Korea yang Wajib Ditonton Sebelum 2018 Berakhir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com